Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

FMIPA UGM Terima Kunjungan dari Pusat Riset Antariksa BRIN: Siapkan Kolaborasi Riset Astrofisika

FMIPA UGM menerima kunjungan dari Pusat Riset Antariksa BRIN pada Jumat 6 September 2024 di Ruang Sidang FMIPA UGM. Dalam hal ini, Emanuel Sungging Mumpuni selaku ketua peneliti menghadiri acara tersebut beserta rombongan. Wakil Dekan Bidang Alumni, Kerja Sama, dan Inovasi, Dr. Fajar Adi Kusumo, M.Si., menyambut kehadiran BRIN dan memberikan dukungan atas rencana kerja sama yang akan dilaksanakan. Dr. Fajar turut mengarahkan untuk membuat grup koordinasi antara FMIPA UGM dengan BRIN untuk media komunikasi dan koordinasi seperti perencanaan rapat lanjutan dan kunjungan ke lokasi kolaborasi riset.

Kunjungan dilakukan untuk memperkuat hubungan serta kerja sama antara FMIPA UGM dengan BRIN di berbagai bidang seperti pendidikan dan riset. Sehubungan tersebut, terdapat rencana kerja sama yang dibuat kedua pihak yang terdiri atas diskusi potensi kolaborasi riset Astrofisika dengan pemantauan fasilitas Observatorium Nasional Timau, dan diskusi pengembangan sistem kendali dan pengaliran data (Data Pipeline) teleskop dengan teknologi robotika.

“Harapannya, bisa menjadi titik awal penelitian di bidang Astrofisika terutama tentang teleskop serta menjadi wadah untuk kolaborasi riset,” papar Elida Lailiya Istiqomah, S.Si., M.Sc. selaku Dosen Fisika FMIPA UGM.

Elida juga menyampaikan beberapa faktor yang membuat lokasi pemasangan teleskop ada di wilayah timur Indonesia, tepatnya di Timau NTT. Pertama, faktor kecerahan langit karena minimnya polutan di udara. Kedua, adanya faktor keamanan kondisi tanah yang cenderung lebih aman dari guncangan gempa.

Dari kunjungan yang dilakukan BRIN serta kerja sama yang dibangun oleh FMIPA UGM dengan BRIN melalui merupakan implementasi dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui pendidikan untuk keberlanjutan seperti beasiswa serta peningkatan keterampilan seperti program MBKM. Kemudian, merupakan cerminan dari SDGs nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur melalui inovasi dan teknologi dalam riset yang dikerjakan bersama serta nomor 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan melalui agenda kerja sama yang dibangun.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Danendra Azriel Ramdhany

Other News

Categories

Translate