Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

FMIPA UGM Perkuat Kerjasama dengan ANC Jepang, Buka Peluang Karier Internasional bagi Mahasiswa

Pada hari Rabu, 9 Oktober 2024, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada (FMIPA UGM) memperluas jejaring kerja sama internasional dengan ASEAN Nagoya Club (ANC) Japan dalam upaya memperluas peluang karir mahasiswa di negeri Sakura. Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pimpinan, termasuk Prof. Dr.Eng. Kuwat Triyana, M.Si. selaku Dekan FMIPA UGM, Perwakilan Perusahaan dari Jepang yaitu Mr. Takashi Ori dan jajarannya.

Dalam sambutannya, Prof. Kuwat menyatakan kebanggaannya atas kerjasama yang telah terjalin antara UGM dengan perusahaan Jepang selama hampir lima tahun terakhir. Beliau berharap kerjasama ini dapat terus diperbaharui dan kinerja fakultas bisa semakin sesuai dengan standar industri di Jepang.

“Kami mengelola delapan program studi di Fakultas MIPA, dan harapan kami agar cakupan kerjasama ini dapat diperluas ke program studi lain untuk memungkinkan lebih banyak alumni bekerja di Jepang,” papar Prof. Kuwat.

Delegasi perusahaan Mr. Takashi Ori, juga menekankan pentingnya dukungan dari semua pihak, khususnya Fakultas MIPA, untuk terus membuka lebih banyak peluang bagi mahasiswa UGM baik untuk bekerja maupun melanjutkan studi di Jepang.

“Hari ini kami juga mendengarkan profil perusahaan yang telah merekrut empat lulusan dari Fakultas MIPA yang kini bekerja di Jepang,” papar Mr. Takashi Ori.

Sementara itu, Indra Nasution perwakilan dari Tim ANC Japan, menekankan pentingnya kesiapan mahasiswa sebelum lulus dalam mencari pekerjaan. Ia mendorong mahasiswa untuk mulai menjalin hubungan dengan perusahaan sebelum menyelesaikan studi mereka. Ia juga memaparkan bahwa banyak perusahaan di bidang properti, IT, hingga blockchain yang siap bekerja sama merekrut mahasiswa dan lulusan FMIPA UGM.

Acara ini menjadi momentum penting bagi FMIPA UGM dalam memperkuat hubungan internasional, membuka lebih banyak kesempatan bagi mahasiswa dan alumni untuk berkarir di luar negeri. Kegiatan ini turut mengimplementasikan SDGS poin 4 yaitu pendidikan berkualitas dengan memfasilitasi pembelajaran mahasiswa untuk mempersiapkan ke jenjang karir, SDGS poin 17 yaitu kemitraan global dengan memperluas jejaring kerja sama internasional bersama Jepang.

Penulis: Ratih Cintia Sari
Dokumentasi: Danendra Azriel Ramadhany
Editor: Sulaiman Nurhidayat

Other News

Categories

Translate