Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Rekatkan Persahabatan Satu Rumpun, UiTM Adakan Joint Class Actuarial Science untuk Berbagi Pengalaman dan Pengetahuan Tentang Aplikasi Excel dan VBA

Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia mengadakan Joint Class bersama Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 11 September 2024. Workshop ini berfokus pada penerapan Microsoft Excel dan VBA dalam bidang aktuaria dan asuransi, yang dihadiri oleh mahasiswa kedua universitas. Salah satu dosen UiTM, Nur Khaliza, menjelaskan bahwa dipilihnya UGM sebagai mitra karena kedua universitas memiliki latar belakang dan topik pembelajaran yang serupa.

“Kami merasa sangat tertarik dengan kesempatan untuk berbagi pengetahuan dari para ahli tentang topik aktuaria antara UGM dan UiTM, terutama tentang aplikasi Excel dan VBA sehingga mahasiswa bisa menerapkan apa yang mereka pelajari,” ungkap Nur Khaliza.

UiTM sendiri memiliki School of Mathematical Sciences dan School of Computing Sciences, di mana dalam School of Mathematical Sciences terdapat 3 departemen yang salah satunya adalah Departemen Ilmu Aktuaria. Menurut Nur Khaliza, tujuan utama UiTM dalam mengadakan workshop ini adalah untuk berbagi pengalaman, pengetahuan, dan sekaligus membangun persahabatan serta kolaborasi yang lebih erat antara UiTM dan UGM, mengingat kedua institusi memiliki hubungan serumpun.

UiTM sangat antusias terhadap program-program kolaborasi di masa depan dengan FMIPA UGM dan berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut dalam berbagai bentuk kegiatan akademik lainnya.

Acara ini juga mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), terutama SDG 4, yaitu Pendidikan Berkualitas, dan SDG 17, yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. Kolaborasi akademik ini tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan dengan menyediakan pelatihan yang relevan, tetapi juga memperkuat kemitraan global dalam berbagi pengetahuan dan pengalaman di bidang aktuaria.

Penulis: Chairunnisa Anggun Setiono
Dokumentasi: Hero Prakosa Wibowo
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate