Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

MIPAnet School of Leaders Hari Kedua: Dorong Penjaminan Mutu Kampus Sains Indonesia

Lima puluh pimpinan dari berbagai instansi yang tergabung dalam Jaringan Kerja Sama Nasional Lembaga Pendidikan Tinggi Bidang MIPA di seluruh Indonesia mengikuti MIPAnet School of Leaders pada Rabu – Sabtu, 4 – 7 September 2024 di Ruang Auditorium FMIPA UGM. Acara ini dihadiri berbagai pimpinan instansi seperti Dekan FMIPA Unsoed, Dekan FMIPA IPB, Dekan FMIPA UNP, Dekan FST Undana, Dekan FMIPA USU, Dekan FMIPA IPB, dan lainnya. Beberapa pemateri berasal dari pihak UGM seperti Rektor UGM, Ketua HPU UGM, dan Kepala Satuan Penjaminan Mutu dan Reputasi UGM.

Pada hari kedua yaitu 5 September 2024, materi yang dipaparkan terdiri atas Akreditasi Perguruan Tinggi di Bidang MIPA (LAM/ASIIN/RSC) oleh Prof Drs. Roto, M.Sc., Ph.D. (LAMSAMA), Strategi Mengelola Konflik oleh Indrayanti, S.Psi., M.Si., Ph.D. (Fakultas Psikologi UGM), Pembelajaran Jarak Jauh oleh Dr. Subekti Nurmawati, M.Si. (Dekan FST Universitas Terbuka), dan Strategi Kerja Sama Luar Negeri oleh Prof. Dr. Puji Astuti (Direktur Kemitraan dan Relasi Global UGM). Materi-materi yang diberikan serta diskusi yang dilakukan turut memperkaya wawasan masing-masing pihak serta mendorong pemecahan masalah yang ada untuk melakukan peningkatan dan pengembangan di masing-masing instansi. Selain itu, peserta MIPAnet mendapatkan kesempatan dalam melakukan tur di berbagai hasil penelitian FMIPA UGM.

Hadirnya MIPAnet School of Leaders menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan kepemimpinan dan manajemen bagi pemimpin di kampus sains serta mendorong pendidikan untuk keberlanjutan dan pembangunan. Selain itu, agenda tersebut menjadi implementasi dari SDGs nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur serta nomor 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan melalui kerja sama dan inovasi dalam mendongkrak kualitas kampus sains di Indonesia dengan sharing session yang dilakukan untuk berbagi ide dan pandangan serta mencari solusi yang tepat bagi masing-masing instansi.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Hero Prakosa Wibowo Priyanto

Other News

Categories

Translate