Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Aktuaria FMIPA UGM dan Actuarial UTiM Malaysia Gelar International Actuarial Research Seminar

Aktuaria FMIPA UGM dan Actuarial UTiM Malaysia menggelar seminar bersama melalui acara International Actuarial Research Seminar pada hari Selasa, 10 September 2024 di Departemen Matematika FMIPA UGM. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara dari agenda Staff and Student Mobility Program berlangsung dari 9 – 13 September 2024 di FMIPA UGM. Terdapat 15 mahasiswa dan 8 dosen dari Universiti Teknologi Mara Malaysia.

Joint seminar ini dilaksanakan oleh program studi ilmu Aktuaria UGM dan Actuarial Science Program Universiti Teknologi MARA Malaysia. Dalam kesempatan ini 3 dosen dari UiTM dan 3 dosen dari UGM mempresentasikan hasil akhir atau hasil sementara dari riset bidang aktuaria. Dua diantara riset yang dipresentasikan adalah riset kerjasama UiTM dan UGM dengan pendanaan Matching Research grant dari masing-masing institusi,” papar Dr. Danang Teguh Qoyyimi, selaku dosen FMIPA UGM.

Berikut ini adalah daftar presenter dan judul presentasi yang terdapat dalam acara yaitu, Dr Nurin Haniah Asmuni (UiTM): Longevity Risk Mitigation: Potential for Natural Hedging, ⁠Dr. Danang Teguh Qoyyimi (UGM): Current Issues on Mortality Aspects of Disaster Risk Financing, Dr. Syazreen Niza Shair (UiTM): Assessing the Effects od Longevity Risk on Actuarial Liabilities: Evidence from Malaysian Defined Benefit Pension Plan, ⁠Dr. Nanang Susyanto (UGM): Bayesian Generalized Linear Models for Claim Severity in General Insurance Companies, Dr. Norazliani Md Lazam (UiTM): Mortality Analysis by Income Group of Civil Servants in Malaysia, dan ⁠Dr. Adhitya Ronnie Effendie (UGM): Integrating Sharia Principles into the Fama-French Model Using Machine Learning: An Indonesian Market Perspective.

Pada hari yang sama, dilakukan diskusi bersama mengenai research project yang sedang berjalan serta beberapa potensi kerjasama riset ke depan.

“Diskusi riset berjalan lancar. Sangat insightful, karena memberi pengetahuan riset di institusi masing-masing yang kemudian dapat ditingkatkan scope-nya menjadi penelitian antar universitas. Harapan ke depan semoga kerja sama riset semakin banyak dengan topik riset yang semakin beragam. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dosen di kedua universitas, di kedua negara tersebut,” papar Dr. Danang.

Kegiatan FMIPA UGM bersama dengan UTiM dalam Staff and Student Mobility Program merupakan implementasi dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui akses pendidikan berkelanjutan bagi mahasiswa dan dosen kedua pihak serta peningkatan keterampilan bagi mahasiswa dan dosen baik FMIPA UGM atau UTiM. Kemudian, hal ini menjadi cerminan dari SDGs nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur serta nomor 17 yaitu Kemitraan untu Mencapai tujuan melalui kerja sama di bidang inovasi dan penelitian khsuusnya di bidang Aktuaria.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Danendra Azriel Ramadhany dan Danang Teguh Qoyyimi

Other News

Categories

Translate