Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Hadirkan PT. Asuransi Tugu Pratama Indonesia di FMIPA UGM, Mahasiswa Ilmu Aktuaria Dapatkan Wawasan Dunia Asuransi Profesional

Sebagai perusahaan asuransi yang telah berkiprah lebih dari 43 tahun, PT. Asuransi Tugu Pratama Indonesia hadir di FMIPA UGM dalam rangka mengisi kuliah Pengembangan Karir dan Profesi Aktuaris untuk mahasiswa program studi Aktuaria semester 5. Pada semester selanjutnya, mahasiswa tersebut akan menjalani program magang di dunia kerja. Dalam hal ini, selain mendapatkan wawasan mengenai dunia asuransi profesional, mahasiswa tersebut akan lebih memahami bagaimana realita di dunia kerja yang penuh dengan praktik dan berhadapan dengan banyak ragam manusia.

“Kita membuka kesempatan magang untuk teman-teman.  Kompetensi yang penting dimiliki yaitu aktif yaitu harus siap terlibat. Kedua, kompetensi komunikatif. Kalau proaktif pasti butuh komunikasi dan interaksi yang baik. Itu pentingnya membangun skill sosial kita. Kita adakan seleksi karena tempatnya terbatas. Nanti yang akan kita bangun adalah growth mindset saat teman-teman magang di sini,” papar Apriyandi selaku Culture and People Relation Departement Head PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk.

Selain memberikan wawasan mengenai dunia kerja, Apriyandi juga mendorong mahasiswa untuk menjadi sosok “gelas kosong” dengan mengedepankan growth mindset ketika magang dan di dunia kerja. Hal ini ditujukan agar mahasiswa menjadi sosok yang adaptif di dunia kerja. Di sisi lain, Apriyandi juga turut mendorong mahasiswa untuk rajin membaca dan memperkaya literasi bacaan untuk memperluas pandangan ketika bekerja.

“Harapannya, kegiatan ini memberikan gambaran corporate culture di perusahaan asuransi umum khususnya di Asuransi Tugu Pratama. Memberikan pengetahuan terkait pengembangan SDM, peran aktuaris dan profesi dengan kompetensi kuantitatif dan ilmu Aktuaria di perusahaan asuransi umum dan ekspektasi industri pada talenta masa depan,” papar Danang Teguh Qoyyimi, M.Sc., Ph.D. selaku dosen pengampu mata kuliah Pengembangan Karir dan Profesi Aktuaris

Dalam hal ini, Danang juga meceritakan latar belakang kerja sama FMIPA UGM dengan PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk sejak 2021.

“FMIPA memiliki kerja sama dengan PT. Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk sejak 2021. Berbagai aktifitas telah dilaksanakan, diantaranya penyelenggaraan riset aplikatif dengan menggunakan dana padanan (Matching Fund) Dikti, penyelenggaraan program magang, dan joint supervision untuk riset mahasiswa,” papar Danang.

Agenda kerja sama sama FMIPA UGM dengan PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan mahasiswa dalam persiapan dunia kerja khususnya di dunia aktuaris. Selain itu, kerja sama yang dilakukan turut menjadi implementasi SDGs nomor 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan melalui kerja sama dalam peningkatan kapasitas mahasiswa di bidang asuransi.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate