Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Dorong Kolaborasi Inovasi Industri, FMIPA dan PT. Tesso Tetra Chemika Jalin Kerja Sama

Kolaborasi strategis PT. Tesso Tetra Chemika dengan FMIPA UGM dilakukan melalui penandatanganan pada Jumat 9 Agustus 2024. Dari kerjasama ini, harapannya tidak hanya terbatas pada bidang-bidang tertentu, tetapi juga dapat meluas ke sektor industri kimia lainnya serta membuka peluang bagi pengembangan penelitian dan teknologi baru di Indonesia.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Prof. Kuwat Triyana dengan perwakilan dari PT. Tesso Tetra Chemika. Latar belakang tekanan dari industri hilir untuk mendorong penelitian di semua program studi menjadi salah satu pendorong utama kerja sama ini.

“Dari kerja sama ini, kami tidak hanya mendapatkan input dari industri, tetapi juga menitipkan mahasiswa untuk magang atau program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” papar Prof. Kuwat Triyana dalam sambutannya pada acara penandatanganan perjanjian kerja sama PT Tesso Tetra Chemika dengan FMIPA UGM, Jumat (9/7).

Salah satu masalah utama yang dihadapi industri kimia di Indonesia adalah keterlambatan dalam mengadopsi teknologi dan inovasi, meskipun negara ini memiliki semua sumber daya yang dibutuhkan. Oleh karena itu, yang ditawarkan PT. Tesso Tetra Chemika adalah mencari sumber daya, fasilitas penelitian, serta aplikasi dan pasar dari industri untuk mendukung penelitian yang dapat dikomersialkan.

Penandatanganan ini diharapkan menjadi kolaborasi awal yang signifikan bagi kedua belah pihak, baik peneliti di perguruan tinggi maupun industri. Kemudian, kerja sama ini juga diharapkan menjadi kontributor pada substitusi impor yang tengah digalakkan pemerintah.

“Kami ingin kerja sama ini tidak hanya berdampak dalam jangka pendek, tetapi juga memberikan dampak jangka panjang yang nyata,” papar Prof. Kuwat Triyana dalam diskusi.

Dengan kolaborasi ini, diharapkan dapat tercipta sinergi antara akademisi dan industri dalam menciptakan inovasi yang mampu mengangkat inovasi di industri kimia. Penandatanganan ini merupakan implementasi Fakultas MIPA dalam SDGs poin 4 pendidikan berkualitas, SDGs poin 9 kerjasama industri, inovasi dan infrastruktur.

Penulis: Ratih Cintia Sari
Dokumentasi: Hero Prakosa Wibowo Priyanto
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate