Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Kunjungan Nara Institute of Science and Technology Japan ke FMIPA UGM

FMIPA UGM menerima kunjungan dari Nara Institute of Science and Technology Japan yang dihadiri oleh Prof. Naoki Aratani, selaku professor dari NAIST Japan sekaligus pengampu laboratorium pada Rabu, 14 Agustus 2024 di Ruang Sidang FMIPA UGM. Kunjungan ini bertujuan untuk membangun hubungan secara formal sekaligus memperkenalkan profil masing-masing laboratorium di bidang sains. Selain berdiskusi, Prof. Naoki Aratani turut didampingi untuk melakukan tur laboratorium di FMIPA UGM.

“Setiap laboratorium di tempat kami memiliki masing-masing profesor dan asisten laboratorium,” kata Prof. Naoki.

Dr. rer. nat. Wiwit Suryanto selaku Wakil Dekan FMIPA UGM, menyambut baik kehadiran dan diskusi yang diadakan. Dr. Wiwit juga memberikan gambaran mengenai mahasiswa dan laboratorium yang ada di FMIPA UGM.

“Kita berencana untuk mengunadang 70 siswa ke dalam pertemuan dan diskusi yang berasal dari program sarjana dan pascasarjana. Selepas ini, akan ada tur laboratorium dan mahasiswa bisa berdiskusi mengenai rencana mereka ketika akan pergi ke NAIST,” kata Dr. Wiwit.

Selanjutnya, Prof. Naoki memberikan pemaparan mengenai peluang dan kesempatan bagi mahasiswa FMIPA untuk pergi ke NAIST Japan.

“Tidak perlu menguasai bahasa Jepang karena program yang ditawarkan akan menggunakan bahasa Inggris. Namun, mahasiswa bisa mengambil kelas bahasa Jepang,” kata Prof. Naoki.

Mahasiswa juga berkesempatan untuk mendapatkan berbagai kesempatan di luar kegiatan akademik seperti kegiatan upacara minum teh serta kesempatan berjejaring untuk mahasiswa.

Dari agenda kunjungan yang ada, FMIPA UGM turut mendukung poin 4 SDGSs mengenai pendidikan berkualitas melalui kemitraan program peningkatan kualitas mahasiswa dari masing-masing universitas dan pertukaran keanekaragaman budaya. Selain itu, FMIPA UGM juga menyambut baik institusi pendidikan dalam kemitraan untuk mencapai tujuan di bidang pemajuan pendidikan sesuai dengan poin 17 SDGs.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Reportase: Anugrah Yuwan Atmadja
Foto: Hero Prakosa Wibowo priyanto

Other News

Categories

Translate