Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Kunjungan SMAN 21 Bandung di FMIPA UGM: Sambut Masa Depan Sekolah Penggerak di Perguruan Tinggi

SMAN 21 Bandung mengunjungi FMIPA UGM pada hari Senin, 3 Juni 2024. Kunjungan disambut langsung di Gedung Auditorium FMIPA UGM oleh Sugeng Triono S.Si., M.Si. selaku dosen sekaligus narasumber yang memberikan informasi terkait UGM dan FMIPA UGM. Sebanyak 150 siswa, 5 guru, 1 dan wakil kepala sekolah mendapatkan informasi terkait daftar program studi, jejaring alumni, tata cara pendaftaran universitas, fasilitas fakultas, program pendukung karir mahasiswa dan lainnya. Selain itu, terdapat sesi tanya jawab yang saling memberikan wawasan atau hal baru baik bagi FMIPA atau siswa, guru, dan kepala sekolah.

“Kami ini dari sekolah penggerak. Kurikulum yang diterapkan pun berbeda dengan sekolah biasa. Jadi, bagaimana kontestasi siswa-siswi kami untuk masuk ke UGM?” kata Hari Hardiana, S.Pd., selaku Wakil Kepala Sekolah SMAN 21 Bandung.

Dalam hal ini, Sugeng memberikan gambaran bahwa terdapat komposisi penyusunan soal yang sudah distandarisasi. Walaupun demikian, para siswa diajak untuk tetap optimis dalam menghadapi ujian masuk perguruan tinggi melalui ketelitian dalam membaca peluang presentase penerimaan mahasiswa baru.

Sugeng memberikan arahan kepada para siswa untuk mengenali kapabilitas diri agar mampu memilih peminatan di mata pelajaran yang akan diambil mereka.

“Seperti memakai baju, kalau Saya pakai ukuran kalian pasti tidak muat. Begitu sebaliknya, kalau kalian pakai baju Saya ya pasti kebesaran. Jadi, kenali kemampuan diri dan tentukan pilihan dalam melanjutkan studi di jenjang selanjutnya,” kata Sugeng.

Dari kunjungan sekolah yang dilaksanakan, FMIPA UGM turut mendukung poin 4 SDGs mengenai pendidikan berkualitas melalui peningkatan motivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi serta memberikan pengarahan sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Di sisi lain, siswa diarahkan untuk dapat lebih teliti dan cermat dalam membaca peluang dalam memilih jurusan yang diinginkan. Selain itu, FMIPA UGM juga menyambut baik institusi pendidikan dalam kemitraan untuk mencapai tujuan di bidang pemajuan pendidikan sesuai dengan poin 17 SDGs.

 

Kata kunci: pelajar, peneliti, pelajar, SMA, SMA 21 Bandung

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Foto: Hero Prakosa Wibowo Priyanto

Other News

Categories

Translate