Pada 31 Oktober 2024, siswa-siswi kelas 12 SMA Al-Fath Cirendeu, Tangerang Selatan, mengadakan kunjungan edukatif ke Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada (FMIPA UGM). Acara yang berlangsung di Auditorium Lantai 1 FMIPA UGM ini diisi dengan sesi diskusi yang dipandu oleh Sugeng Triono, S.Si., M.Si. Kunjungan ini bertujuan memberikan wawasan mendalam kepada para siswa mengenai jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), pengenalan lingkungan kampus, serta peluang karier di masa depan.
Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMA Al-Fath, Bapak Wisnu Sasongko, menyampaikan harapannya agar para siswa didiknya dapat melanjutkan pendidikan di universitas terkemuka seperti UGM. “Anak-anak hebat kami titipkan ke universitas yang hebat pula, yaitu UGM,” ujarnya.
Ibu Eva, perwakilan komite sekolah, menekankan bahwa kunjungan ini merupakan langkah penting dalam masa transisi siswa menuju dunia perkuliahan. Selama kegiatan, peserta diperkenalkan pada berbagai aspek kampus, seperti fasilitas perpustakaan dan masjid, serta program Kuliah Kerja Nyata (KKN).
Sesi penjelasan juga mencakup informasi tentang jalur penerimaan mahasiswa baru, mulai dari SNBP, SNBT, hingga ujian mandiri seperti Penelusuran Bibit Unggul dan International Undergraduate Program (IUP).
Beberapa siswa, seperti Labib, Alif, dan Altaf, merasa kunjungan ini sangat inspiratif. “Banyak informasi yang didapatkan serta pengalaman moderator yang menghibur,” ungkap mereka. Kunjungan ini memotivasi mereka untuk melanjutkan studi di UGM.
Kegiatan ini mencerminkan komitmen terhadap Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 4, yaitu Pendidikan Berkualitas, dengan memastikan para siswa memperoleh informasi yang mendukung pendidikan yang inklusif dan setara. Selain itu, kolaborasi antara sekolah dan universitas ini sejalan dengan SDGs nomor 17, yakni Kemitraan untuk Mencapai Tujuan, dalam upaya memperkuat hubungan antara institusi pendidikan.
Penulis: Chairunnisa Anggun Setiono
Dokumentasi: Hero Prakosa Wibowo Priyanto
Editor: Sulaiman Nurhidayat