Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Dongkrak Angka Melek Digital Masyarakat, Intip Viga Mahasiswa FMIPA UGM Buka Kelas Coding

Viga Hardjanto, mahasiswa pascasarjana FMIPA UGM membuka kelas coding atau pemrogaman bagi masyarakat umum dalam rangka meningkatkan kompetensi masyarakat khususnya di bidang digital. Terdapat 2 kelas yaitu kelas anak-anak dan kelas dewasa. Pada kelas anak-anak, manfaat kelas ini dapat dirasakan seperti untuk mengembangkan keterampilan kognitif dan mendorong keterampilan di bidang matematika hingga seni. Di sisi lain, pada kelas dewasa akan membantu memahami teknologi dengan cara yang terstruktur, meingkatkan prospek karir khususnya di bidang data analyst dan software developer.

“Kelas coding python dasar untuk pemula yang baru belajar pemrograman. Kelasnya sifatnya online class (bukan hanya sekedar video pembelajaran). Di kelas yang Aku buka sendiri namanya Kodenus Aku bertugas untuk menyiapkan materi, mengajar, dan reporting ke client terkait capaian pembelajaran. Materinya mulai dari Pengantar Python sebagai suatu bahasa pemrograman, variable, tipe data, operasi dasar, hingga pembuatan mini project. Kelas ini terinspirasi dari tempatku kerja lainnya (company asal Rusia), tetapi sayangnya kelas dan materi di company ini utamanya ditujukan untuk anak-anak dan remaja (belum mencakup kaum dewasa),” papar Viga.

Peserta kelasnya berasal dari berbagai kalangan seperti pelajar dari jenjang SD hingga SMA, masyarakat yang sedang berusaha bekerja di bidang lain, dan kalangan ASN yang memerlukan pembelajaran analisis data atau sekadar ingin mengetahui pemograman.

Seneng dan seneng banget. Apalagi kalau yang Aku sampaikan bisa diterima dengan baik sama client baik dari komunikasi di kelas dan ketika deal-dealan harga kelas. Kesulitan yang sering terjadi ketika reschedule karena kebanyakan kalo kelas seperti ini ambil waktunya di sore – malam hari sehingga kalo reschedule kadang cukup sulit dikala jadwal sore atau malam lainnya sudah penuh,” ungkap Viga.

Dari kelas yang ditawarkan Viga, terdapat 7 pertemuan. Pada pertemuan pertama materi yang diberikan adalah pengantar Phyton, Variabel, dan Tipe Data. Kemudian dilanjutkan dengan Casting, Manipulasi String pada pertemuan kedua serta Operator dan List pada pertemuan ketiga. Selanjutnya, pada pertemuan keempat diberikan materi Tuple, Set, dan Dictionary serta pada pertemuan kelima diberikan materi Conditional, Statements, dan Looping. Pada pertemuan akhir yaitu 7 dan 8 akan diberikan materi Function dan File Handling.

“Kelas coding yang dibuka harapannya bisa dirasakan manfaatnya untuk para pemula yang baru belajar pemrograman. Tidak ada hal yang cukup mahal dan sebanding di bidang keilmuan karena anggaplah seperti kita punya “gaman” (senjata) kita bisa pakai kapanpun ketika itu dibutuhkan. Harapan selanjutnya kelas coding (Kodenus) yang dibuka semakin banyak siswanya khususnya bisa untuk memfasilitasi orang-orang yang ingin belajar langsung coding bersama mentor mengingat realita yang ada kelas coding saat ini cukup mahal. Kalopun yang cukup miring harganya itu biasanya dalam bentuk rekaman video pembelajaran atau kasus lain kalo pas kelas online dalam satu sesi terlalu banyak peserta sehingga sering kurang optimal dalam pembelajarannya,” papar Viga.

Peran Viga dalam mendongkrak angka melek digital pada masyarakat melalui kelas coding yang dibukanya menjadi implementasi dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan di bidang digital. Kemudian, hal ini juga menjadi cerminan dari SDGs nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur melalui penerapan ilmu di bidang teknologi bagi mahasiswa FMIPA UGM kepada masyarakat.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Viga Hardjanto

Other News

Categories

Translate