Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Dukung Kesehatan Mental Mahasiswa, FMIPA UGM Gelar Seminar Membangun Visi dan Resiliensi Mahasiswa

FMIPA UGM menggelar seminar untuk mahasiswa di lingkungan FMIPA UGM dengan tema Membangun Visi dan Resiliensi Mahasiswa. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Auditorium FMIPA UGM pada Senin, 9 September 2024. Narasumber pada kegiatan pelatihan ini adalah Elisabeth Evaty Dewi yang akrab dipanggil Lisa selaku Chief Human Capital Officer dari AXA Mandiri Financial Services.

Dalam hal ini, acara dibuka oleh Wakil Dekan FMIPA UGM, Prof. Dr.-Ing. Mhd. Reza M. I. Pulungan, S.Si., M.Sc.

“Kita memiliki gap yang sangat jauh sehingga membutuhkan cara komunikasi dengan mereka. Ada hal-hal yang kadang kita tidak pikirkan. Jangan-jangan kita harus berubah mencari cara untuk berkomunikasi lebih baik dengan teman-teman mahasiswa yang umurnya jauh dari kami. Kami ingin meneropong perspektif mahasiswa seperti apa. Satu keyword yang saya dapatkan adalah komunikasi,” papar Prof. Reza.

Lisa menyodorkan sejumlah studi kasus kepada para mahasiswa mengenai kondisi dan perilaku mahasiswa masa kini ketika menghadapi tantangan dan persoalan di kampus yang melibatkan dosen. Seperti dosen yang sulit ditemui bahkan dosen yang mempersulit mahasiswa. Kemudian, ada 4 materi pokok yang disampaikan yaitu mengenalkan AXA Mandiri serta dunia realita bekerja yang ramah pada kesehatan mental, kesehatan mental dan resiliensi, strategi membangun resiliensi, dan menemukan visi diri sendiri.

Kemudian, Lisa memantik mahasiswa dengan pertanyaan yang cukup memancing yaitu mengenai ketakutan mahasiswa seperti apa yang dihadapi.

“Yang buat stres itu saya skill isu. Ketika temen kita bisa jago nyoba pertama kali. Kalau kita kok ga bisa, kenapa temen kita sekali aja bisa, kita kok gabisa?” papar salah satu mahasiswa.

Dengan tenang, Lisa menanggapi.

“Nanti kita akan belajar multiple intelligences ya. Karena setiap orang punya kecerdasan dan kekhasan masing-masing,” papar Lisa.

Beberapa mahasiswa kemudian berani untuk menceritakan ketakutannya seperti takut melawan orang yang berkata kasar kepadanya hingga diam-diam hanya bisa menangis kemudian ada juga mahasiswa yang menjadi tulang punggung keluarganya dengan berbagai beban yang harus ditanggung sembari menyelesaikan studi.

Kegiatan pelatihan dengan mengangkat tentang kesehatan mental oleh FMIPA UGM merupakan cerminan dari SDGs nomor 3 yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera melalui materi kesehatan mental untuk menekan angka kematian akibat bunuh diri di kalangan mahasiswa serta nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan mahasiswa dalam menghadapi tantangan kesehatan mental.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Hero Prakosa Wibowo Priyanto

Other News

Categories

Translate