Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Mahasiswa FMIPA UGM Ikuti International Young Leaders Summer Programme 2024 di Malaysia

Anugrah Yuwanda Atmaja atau akrab disapa Nugi, mahasiswa IUP Ilmu Komputer FMIPA UGM berkesempatan mengikuti International Young Leaders Summer Programme 2024: Cultural Identity and Local Heritage Empowering Young Leaders with SDG 12 di Malaysia. Kegiatan ini merupakan cultural exploration dan pengenalan terhadap SDG terutama SDG 12 yang diselenggarakan oleh Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR) yang berlokasi di Sungai Long, Selangor.

“Kegiatannya mengikuti workshop mengenai SDG dan budaya malaysia (3 ras utama malaysia mulai dari ras malayan, chinese, indian). Belajar sejarah Malaysia, dan perkembangan arsitektur dari berbagai budaya. Ditutup dengan group project untuk melatih komunikasi, public speaking, dan leadership,” papar Nugi.

Pelaksanaan kegiatan dimulai pada 18 Agustus hingga 24 Agustus 2024 dengan mengunjungi berbagai tempat di Malaysia. Tempat-tempat yang dikunjungi adalah Batu Caves Temple, Selangor, Central Market, Kuala Lumpur, Royal Selangor, Kuala Lumpur, dan Malaysia National Museum (Muzium Negara), Kuala Lumpur.

“Harapannya yang paling utama bisa menjalin relasi dengan teman-teman selama program berlangsung. Di sini ada banyak ras yang terlibat mulai dari malay, chinese, Indonesian, arabic, and Indian,” papar Nugi.

Kegiatan internasional yang dilakukan oleh Nugi sebagai mahasiswa FMIPA UGM menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan di bidang komunikasi dan kepemimpinan sekaligus menjadi implementasi dari pendidikan yang inklusif dengan beragam mahasiswa dari berbagai latar belakang dan budaya.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Anugrah Yuwanda Atmaja

Other News

Categories

Translate