Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Kawal Keamanan Data, FMPA UGM Gelar Lokakarya Kriptografi dan Keamanan Siber

FMIPA UGM melaksanakan Lokakarya Kriptografi dan Keamanan Siber dalam rangka menanggulangi permasalahan keamanan data yang terjadi khususnya di lingkungan institusi pendidikan dengan tema Cybercrime, Cybersecurity, Digital Forensic, Machine Learning dan Blockchain: Perkembangan Terkini dan di Masa Mendatang. Peserta kegiatan terdiri atas dosen, karyawan, dan mahasiswa.

Acara dilaksanakan pada Senin, 22 Juli 2024 di Hotel Alana, Sleman Yogyakarta dengan menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya yaitu Josua M. Sinambela, M.Eng. (CEO dan Co-Founder PT Analis Forensik Digital), Afiahayati, S.Kom. M.Cs., Ph.D. (Dosen FMIPA UGM), Dr. Aslan Alwi, S.Si., M.Cs. (Co-Founder dan Senior Researcher Almudaya Research Instiute), dan Drs. Bambang Nurcahyo Prastowo, M.Sc. (Dosen FMIPA UGM).

Acara dibuka dengan sambutan dari Dr. Wiwit Suryanto, M.Si., selaku Wakil Dekan Penelitian dan Bidang Pengabdian Masyarakat FMIPA UGM.

“Serangan siber ini mengintai kita semua. Kegiatan hari ini menjadi titik kritis untuk melangkah menuju kemandirian di teknologi siber. Kami dari FMIPA akan mendukung di riset-riset hulu. Harapannya, dari kegiatan hari ini akan ada road map dan kita bisa mendukung pemerintah di keamanan siber,” papar Wiwit.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dan diskusi.

“Lingkungan kampus tidak luput dari ancaman siber dan pelaku menargetkan sivitas akademik,” papar Josua selaku salah satu narasumber.

Josua menyampaikan bahwa banyak orang yang tidak sadar tentang pelaku kejahatan melalui malware log atau info stealer. Hal ini terjadi juga karena adanya kebiasaan masyarakat dalam menyimpan password di browser dan mengunduh perangkat lunak dari sumber yang tidak jelas atau tidak terpercaya. Pencegahan dapat dilakukan dengan membatasi pengunduhan aplikasi hanya dari repository atau sumber yang terpercaya.

Hadirnya acara Kriptografi dan Keamanan Siber merupakan cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas dan nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur melalui peningkatan keterampilan di bidang teknologi dan informasi. Di sisi lain, kegiatan ini merupakan cerminan dari SDGs nomor 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan melalui kerja sama dalam peningkatan kapasitas di bidang teknologi komunikasi.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Foto: Sulaiman Nur Hidayat

Other News

Categories

Translate