Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Google I/O Extended Yogyakarta 2024: Beri Ruang Edukasi dan Kreasi Digital bagi Masyarakat

Google Developer Group (GDG) Jogjakarta dan Women Techmaker Jogjakarta memberikan kesempatan pada generasi muda dalam mengakses wawasan terkait ruang digital sekaligus mendapatkan kesempatan untuk berkreasi dalam bidang digital melalui acara Google I/O Extended Yogyakarta 2024 yang diselenggarakan di Ruang Auditorium FMIPA UGM pada Minggu, 21 Juli 2024. Dr. Wiwit Suryanto, selaku Wakil Dekan FMIPA UGM membuka acara tersebut yang dilanjutkan dengan sambutan dari Dr. Andi Darmawan S.Si, M.Sc. selaku dosen dari Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika Instrumentasi.

Acara ini merupakan kolaborasi antara Magister Kecerdasan Artifisial DIKE FMIPA UGM dengan Google Developer Group (GDG) Jogjakarta dan Women Techmaker Jogjakarta. Acara Google I/O Extended yang menawarkan serangkaian seminar dan pelatihan mendalam bagi para pengembang, profesional IT, dan pecinta teknologi. Chaisar Ahmad sebagai Chapter Manager GDG Jogjakarta membuka acara ini dengan kalimat Google I/O Extended menjadi wadah bagi para teknisi yang memiliki keberagaman dan memotivasi para peserta untuk meningkatkan kompetensi di dalam bidang teknologi.

Acara ini mencakup topik Android Development, Web Development, Cloud Computing, AI/ML, Product Management, dan UI/UX Design, yang bertujuan memberikan pembaruan terbaru, praktik terbaik, dan wawasan mendalam kepada peserta. Para pakar yang menjadi narasumber terdiri atas Dosen Comp. Science Dr. Azhari SN, M.T (How Data Shapes AI and Machine Learning), Ester Irawati Setiawan (Google Developer Expert at Machine Learning), Prakarj Parkar (Google Developer Expert at Angular), Qassandra Chaidir (Google Developer Expert at Cloud), Jessica Cecillia Budianto (Google Developer Expert at Web), Veronika Anggraini dan Sidiq Permana (Google Developer Expert at Android). Selain itu, terdapat juga workshop atau pelatihan yang dilaksanakan di ruangan kelas. Acara ini dirancang untuk memfasilitasi pertukaran pengetahuan, pengembangan keterampilan, serta memperluas jaringan profesional dalam industri teknologi yang terus berkembang.

Hadirnya acara Google I/O Extended Yogyakarta 2024 ini merupakan cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas dan nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur melalui akses terhadap pendidikan di bidang teknologi melalui peningkatan keterampilan di bidang digital. Selain itu, acara ini juga menjadi cerminan dari SDGs nomor 17 yaitu Kemitraan untu Mencapai Tujuan melalui kolaborasi kegiatan di bidang digital.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Reportase: Wahyu Micho
Foto: Hero Prakosa Wibowo Priyanto

Other News

Categories

Translate