Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

The 6th International Conference on Chemical Science: Dukung Penelitian Kimia untuk Keberlanjutan, Kimia UGM Gelar Konferensi Kimia Internasional

Sebanyak 150 peserta dari 8 negara mengikuti kegiatan The 6th International Conference on Chemical Science yang merupakan Konferesi Kimia Internasional oleh Departemen Kimia FMIPA UGM pada tanggal 24 – 25 Juli 2024. Acara dilaksanakan di Ruang Auditorium FMIPA UGM dengan dihadiri peserta yang berasal dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Taiwan, Jepang, Irak, Belanda, dan Italia.

Dengan mengusung tema Chemistry for Better Life and Envinronment, acara ini mendorong dan mempertemukan para praktisi dan ahli di bidang kimia dalam melakukan penelitian sekaligus publikasi yang akan turut mendukung keberlangsungan lingkungan di masa depan.

“Kegiatan konferensi ini mendorong warga Kimia untuk mempublikasikan jurnal di jurnal internasional. Harapannya, selain outputnya artikel, ada visualisasi penlitian Kimia yang bisa ditampilkan dan menambah exposure. Hal ini bertujuan untuk membuka orang lain untuk meneliti lebih dalam mengenai penelitian di bidang kimia dan bermanfaat bagi lingkungan,” papar Prof. Dr. rer. nat. Nuryono, M.S., selaku ketua pelaksana The 6th International Conference on Chemical Science.

Dekan FMIPA UGM, Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana turut membuka dan mendukung acara ini melalui sambutan yang diberikan. Menurutnya, konferensi ini menjadi ruang penting bagi para peneliti dan akademisi di bidang kimia dalam melakukan kolaborasi riset untuk keberlanjutan dan masa depan di berbagai bidang seperti kesehatan, pangan, dan lingkungan.

Sebanyak 16 poster dan 66 presentasi hadir di acara tersebut. Sesi presentasi tersebut membuka kesempatan luas bagi mahasiswa, peneliti, dan praktisi untuk bertukar pikiran serta membuka peluang kolaborasi riset dan kerja sama dalam penelitian di bidang kimia yang berdampak bagi lingkungan dan keberlanjutan.

The 6th International Conference on Chemical Science sejalan dengan SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkuliatas, nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur, nomor 14 yaitu Ekosistem Lautan, nomro 15 yaitu Ekosistem Daratan, dan nomor 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan melalui pertukaran ide dan gagasan riset di bidang kimia serta upaya pengembangan penelitian untuk mewujudkan implementasi kimia dalam menjaga dan merestorasi lingkungan.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Foto: Tim Media Kimia UGM

Other News

Categories

Translate