Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Inisiasi Program Belajar dan Kerja Sama Aligarh Muslim University India dengan Departemen Matematika FMIPA UGM

FMIPA UGM menerima kunjungan dari Karamanoğlu Mehmetbey University pada Kamis, 11 Juli 2024. Dalam pertemuan, dilaksanakan diskusi mengenai pengembangan kerja sama akademis melalui program Erasmus. Diskusi ini disambut hangat oleh Prof. Dr.Eng. Kuwat Triyana, M.Si. selaku Dekan Fakultas MIPA UGM.

Tujuan utama dari diskusi ini adalah untuk memfasilitasi mobilitas mahasiswa dan pegawai antara kedua negara, serta memperkuat hubungan akademis dan penelitian. Pada rencana kolaborasi kali ini pihak Karamanoğlu Mehmetbey University dan Aligarh Muslim University mengajukan kolaborasi bersama FMIPA UGM berupa program Erasmus yang biasanya dibuat antar negara Eropa. Program ini kemungkinan akan dilakukan pertukaran mahasiswa dan pegawai, dengan target awal 10 hingga 12 mahasiswa setiap tahunnya.

“Program ini biasanya dibuat antara negara-negara Eropa. Tetapi, ada satu perubahan besar yang diinginkan yaitu memperluas jangkauan program ini ke negara-negara non-Eropa,” ujar Prof. Dr. Cihat Abdioğlu selaku perwakilan dari Karamanoğlu Mehmetbey University, pada pertemuan offline, Kamis (11/7).

Pada pertemuan pertama ini dihadiri oleh Prof. Dr. Shakir Ali dari Aligarh Muslim University, India beserta 3 rekan mahasiswa dari Karamanoğlu Mehmetbey University dan 3 rekan dari departemen Matematika. Diskusi ini juga menyoroti peluang untuk memperkaya pengalaman budaya dan akademis bagi mahasiswa. Mahasiswa dan pegawai yang berpartisipasi dalam program ini akan diberi kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan budaya seperti museum-museum terkenal di Turki. Hal ini akan memberikan mereka pemahaman yang lebih mendalam tentang warisan budaya dan sejarah negara tuan rumah.

Diskusi selanjutnya akan berupa pengenalan lingkungan MIPA oleh perwakilan dari staf departemen Matematika. Selain itu, akan dilaksanakan pula program belajar Algebra Guest Lecture Series #2 bersama ahlinya dengan menghadirkan topik pertama Derivations and Invariance Property in Rings dan topik kedua Error Correcting Codes and Its Applications in DNA Codes. Diskusi program kolaborasi ini merupakan implementasi Fakultas MIPA terhadap SDGs dalam mendukung mahasiswanya untuk mendapatkan pendidikan berkualitas dengan memberikan fasilitas serta dukungan untuk pendidikan yang berkelanjutan seperti nilai pada SDGs poin 4 yaitu Pendidikan Berkualitas.

Penulis: Ratih Cintia Sari
Foto: Sulaiman Nurhidayat
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate