Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Jual Nasi Demi Bertahan Hidup, Simak Perjuangan Retyanto Menjadi Guru Besar

Balai Senat Universitas Gadjah Mada menjadi saksi suasana haru dan bangga atas perjuangan Prof. Drs. Retantyo Wardoyo, M.Sc., Ph.D. dalam meraih gelar guru besar pada Selasa, 28 Mei 2024 melalui penelitiannya yang berjudul Kecerdasan Artifisial dalam Bidang Kesehatan: Tinjauan Klasik Hingga Modern. Dengan perlahan, Prof. Retantyo mencoba menyampaikan apresiasi atas capaian dan perjalanannya hingga berada pada saat ini.

“Izinkan saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada guru-guru, kolega, teman-teman, dan keluarga yang saya cintai dan banggakan yang telah banyak membantu di sepanjang perjalanan karir akademik saya,” papar Prof. Retantyo.

Pria kelahiran 65 tahun lalu tersebut menyelesaikan studi di tanah kelahirannya yaitu Klaten, Jawa Tengah melalui SD Tegalyoso II Klaten dan SMA Negeri 1 Klaten. Saat menempuh jenjang SMP, beliau harus pindah ke Ambon mengikuti keluarga yang lain karena keluarganya sudah terlalu banyak menanggung beban sehingga Prof. Retantyo bersekolah di SMPN 3 Ambon. Prof. Retantyo menyelesaikan program sarjana di FMIPA UGM serta program magister dan doktor di University of Manchester.

Setelah menamatkan studi di University of Manchester, Prof. Retantyo mendedikasikan dirinya sebagai seorang dosen di Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM sejak tahun 1993. Hingga akhir hayatnya, Prof. Retantyo turut dipercaya sebagai Ketua Laboratorium Algoritma dan Komputasi di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM.

Prof. Retyanto hampir menyerah di setiap perjuangannya untuk menyelesaikan studinya. Beberapa upaya dilakukan untuk bertahan hidup ketika sekolah seperti berjualan nasi bungkus dan meninggalkan keluarganya untuk bersekolah di Ambon bersama pamannya.

Dari hasil penelitian Prof. Retantyo sebagai guru besar, penelitiannya memiliki keberanfaatan dalam aplikasinya di bidang kesehatan seperti pada observasi penyakit stroke, identifikasi kelainan jantung, identifikasi emosi, dan penanganan osteoporosis pada tulang manusia.

“Saya bersyukur menjadi bagian dari Laboratorium Algoritma dan Komputasi yang vibrant dan produktif bersama dengan rekan-rekan saya,” ungkap Prof. Retantyo.

Kiprah dan dedikasi Prof. Retantyo di bidang Ilmu Komputer menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui pendidikan untuk keberlanjutan melalui riset yang dilakukan dan nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur melalui inovasi yang dilakukan untuk bidang kesehatan seperti pada observasi penyakit stroke, identifikasi kelainan jantung, identifikasi emosi, dan penanganan osteoporosis pada tulang manusia.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Foto: Hero Prakosa Wibowo Priyanto

Other News

Categories

Translate