Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Tekuni Kimia untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Roto Raih Gelar Guru besar di Bidang Ilmu Kimia

Prof. Drs. Roto, S.Si., M.Eng., Ph.D. resmi dikukuhkan sebagai guru besar pada Selasa, 14 Mei 2024 di Balai Senat Universitas Gadjah Mada. Dengan penelitian berjudul Analisis Kimia Berbasis Quartz Resonator dan Aplikasinya, Prof. Roto akhirnya menyandang guru besar dalam Bidang Kimia.

“Para ahli memperkirakan terdapat 4 tantangan terbesar terkait bidang kimia di abad 21 yaitu pencemaran lingkungan, krisis energi, kesehatan dan kedokteran, dan kekurangan bahan baku termasuk bahan baku bahan pangan. Oleh sebab itu, potensi aplikasi mengenai metode analisis ini akan difokuskan pada 4 bidang tersebut,” ucap Prof. Roto dalam pidato yang disampaikan Selasa (14/5).

Dalam pengantar pidatonya, Prof. Roto menjelaskan mengenai tema penelitiannya yaitu terkait penggunaan QCM atau Quartz Crystal Microbalance yang ditekuni sejak tahun 2000. Beliau menjelaskan bahwa QCM adalah metode analisis kimia yang bisa memberikan hasil secara cepat, akurat, selektif, dan sensitif. Walaupun memiliki keunggulan yang luar biasa dalam penerapannya di berbagai bidang. Dalam hal ini, Prof. Roto turut membuka kesempatan riset bersama dengan mengajak para hadirin untuk turut berkolaborasi dalam pengembangan riset yang dihasilkan.

“Saya secara pribadi atau sebagai anggota tim peneliti bidang QCM membuka kesempatan jika ada di antara audiens yang tertarik untuk berkolaborasi dalam penelitian ini di bidang-bidang yang sudah saya rinci atau bahkan mungkin bidang lain yang belum tercakup,” papar Prof. Roto.

Secara umum, Prof. Roto menyampaikan riwayat singkat penemuan, pengembangan aplikasi QCM, dan beberapa contoh aplikasinya di bidang lingkungan untuk pemantauan pencemaran, di bidang kesehatan dan kedokteran untuk diagnosis penyakit, dan di bidang keamanan pangan untuk mendeteksi patogen dalam makanan. Kemudian, disampaikan juga mengenai potensi pengembangan riset dan aplikasi Quartz Crystal Microbalance di masa depan.

Kiprah dan dedikasi Prof. Roto di bidang kimia menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui pendidikan untuk keberlanjutan melalui riset yang dilakukan dan nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur melalui inovasi yang dilakukan seperti di bidang lingkungan untuk pemantauan pencemaran, di bidang kesehatan dan kedokteran untuk diagnosis penyakit, dan di bidang keamanan pangan untuk mendeteksi patogen dalam makanan.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Foto: Hero Prakosa Wibowo Priyanto

Other News

Categories

Translate