Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Puluhan Tahun Menjadi Dosen, Simak Perjalanan Roto Raih Gelar Guru Besar

Balai Senat Universitas Gadjah Mada menjadi saksi suasana haru dan bangga atas perjuangan Prof. Drs. Roto, S.Si., M.Eng., Ph.D. dalam meraih gelar guru besar pada Selasa, 14 Mei 2024 melalui penelitiannya yang berjudul Analisis Kimia Berbasis Quartz Resonator dan Aplikasinya. Dengan perlahan, Prof. Roto mencoba menyampaikan apresiasi atas capaian dan perjalanannya hingga berada pada saat ini.

“Saya persembahkan capaian ini untuk Departemen Kimia, tempat berkarya para guru dan mentor saya selama ini. Terima kasih telah membuka jalan bagi saya untuk menimba ilmu dan mengabdi di Departemen Kimia terbaik di Indonesia. Demikian pula bimbingan dan arahan yang tak pernah hendti dari mentor dan para rekan sejawat,” papar Prof. Roto.

Pria kelahiran 56 tahun lalu tersebut menyelesaikan studi di tanah kelahirannya yaitu Purworejo, Jawa Tengah melalui SD Negeri Wero Ngombol, SMP Panca Marga Bhakti 5 Purworejo, SMA Panca Marga Bhakti 1 Purworejo, hingga menyelesaikan program sarjana di Kimia FMIPA UGM, program magister di Keio University Japan, dan doktor di University New Brunswick Canada.

Setelah menamatkan studi di Fisika UGM, Prof. Roto mendedikasikan dirinya sebagai seorang dosen di Fisika UGM sejak tahun 1991. Hingga saat ini, Prof. Roto turut dipercaya sebagai Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan dengan deretan peran penting lainnya di berbagai sektor lembaga akreditasi. Beliau menjadi Wakil Direktur dari Lembaga Akreditasi Sains Alam dan Ilmu Formal (LAMSAMA), Asesor International Royal Society of Chemistry London England, Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, dan Reviewer penelitian di lingkungan Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat, Dikti.

Dari hasil penelitian Prof. Roto sebagai guru besar, penelitiannya memiliki keberanfaatan dalam aplikasinya di bidang lingkungan untuk pemantauan pencemaran, di bidang kesehatan dan kedokteran untuk diagnosis penyakit, dan di bidang keamanan pangan untuk mendeteksi patogen dalam makanan. Kemudian, disampaikan juga mengenai potensi pengembangan riset dan aplikasi Quartz Crystal Microbalance di masa depan.

“Saya bersyukur menjadi bagian dari UGM khususnya di Departemen Fisika sehingga dapat belajar dan berkembang bersama,” ungkap Prof. Roto.

Kiprah dan dRotokasi Prof. Roto di bidang kimia menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui pendidikan untuk keberlanjutan melalui riset yang dilakukan dan nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur melalui inovasi yang dilakukan untuk bidang kesehatan, kemanann pangan, dan lingkungan.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Foto: Datu Maulana Ahmad

Other News

Categories

Translate