Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Bertahan Hidup di Masjid saat Kuliah, Simak Perjuangan Edi Suharyadi Raih Gelar Guru Besar

Balai Senat Universitas Gadjah Mada menjadi saksi suasana haru dan bangga atas perjuangan Prof. Dr. Eng. Edi Suharyadi, S.Si., M.Si., M.Eng. dalam meraih gelar guru besar pada Selasa, 7 Mei 2024. Dengan perlahan, Prof. Edi mencoba mengenang bagaimana perjalanannya hingga berada pada saat ini.

“Terima kasih juga kepada sahabat saya di Masjid Nurul Islam Jalan Kaliurang Km. 5,6 di mana saya pernah tinggal bersama dan menjadi marbot selama 5 tahun sejak tahun 1995 hingga tahun 2000,” kenang Prof. Edi.

Pria kelahiran 49 tahun lalu tersebut menyelesaikan studi di tanah kelahirannya yaitu Madura, Jawa Timur melalui SD Negeri Polangan 1 Sampang, SMPN 1 Sampang, SMAN 1 Madura, hingga menyelesaikan program sarjana hingga magister di FMIPA UGM serta program magister dan doktor di Waseda University dan Nagoya University. Sejak kecil, Prof. Edi bercita-cita ingin menjadi seorang peneliti. Konsistensi dan sikap disiplin yang dimiliki sejak kecil telah membawanya hingga meraih apa yang diinginkan yaitu menjadi seorang peneliti sekaligus dosen.

“Beliau adalah sosok yang disiplin kepada kami keluarga,” ujar Fauzan, putra dari Prof. Edi.

Setelah menamatkan studi di Fisika UGM, Prof. Edi mendedikasikan dirinya sebagai seorang dosen di Fisika UGM. Hingga saat ini, Prof. Edi telah membentuk tim riset yang mengakomodasi 42 mahasiswa dari jenjang sarjana hingga doktor untuk memberikan kesempatan belajar dan penelitian di bidang fisika. Dari hasil penelitian Prof. Edi sebagai guru besar, penelitiannya memiliki keberanfaatan dalam aplikasi di bidang kesehatan seperti penghancur sel kanker, penghantar obat, dan untuk degradasi limbah.

“Saya bersyukur menjadi bagian dari UGM khususnya di Departemen Fisika sehingga dapat belajar dan berkembang bersama,” ungkap Prof. Edi.

Kiprah dan dedikasi Prof. Edi di bidang fisika menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui pendidikan untuk keberlanjutan melalui riset yang dilakukan dan nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur melalui inovasi yang dilakukan untuk bidang kesehatan seperti penghancur sel kanker, penghantar obat, dan untuk degradasi limbah.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Foto: Datu Maulana Ahmad

Other News

Categories

Translate