Search
Search
Search

Jaga Generasi Muda dari Bahaya Gula: FMIPA Beri Edukasi Bahaya Diabetes

Diabetes menjadi salah satu penyakit mematikan di Indonesia. Selain itu, Indonesia menduduki peringkat ke-5 di dunia dalam jumlah penderita diabetes. Mayoritas penderita diabetes berada pada angka 20 – 59 tahun. Namun, pada tahun 2024, diabetes semakin banyak ditemukan di usia muda antara 20 – 30 tahun. Di sisi lain, banyak juga mahasiswa yang menjadi pasien dari diabetes yang diakibatkan oleh tren konsumsi makanan dan minuman manis yang tinggi.

FMIPA UGM dalam hal ini melakukan beberapa pencegahan diabetes terhadap mahasiswa. Salah satunya adalah dengan memberikan pelayanan pengecekan kesehatan. Mahasiswa dapat mengukur berat badan dan mengecek kadar gulanya. Setelah itu, mahasiswa dapat mengetahui kondisi tubuhnya dan diberikan saran dari petugas kesehatan.

Bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional Tahun 2024, FMIPA UGM beri edukasi mengenai bahaya diabetes melalui konten Jaga Generasi Muda dari Bahaya Gula yang dapat diakses melalui tautan berikut: https://www.instagram.com/reel/C5dmyiJS66L/

>Dalam konten tersebut disajikan tayangan mengenai ilustrasi mahasiswa yang cenderung memilih minuman manis daripada air putih. Hal tersebut merupakan fenomena yang kerap terjadi di lingkungan kampus terlebih saat ini mahasiswa kerap ditemui mengenggam minuman manis. Pada konten tersebut, terlihat mahasiswa akhirnya mendapatkan penyakit akibat gaya hidup konsumsi gula yang berlebih. Selain itu, di akhir konten diberikan penyajian mengenai makanan apa saja yang harus dikonsumsi dalam batas minimal dan tanda-tanda mengenai penyakit diabetes.

Konten edukasi yang diberikan merupakan langkah pencegahan diabetes yang menjadi cerminan poin SDGs nomor 3 yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera tentang Diabetes Mellitus. Diharapkan mahasiswa dapat lebih sadar tentang pola konsumsi yang dilakukan sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit tersebut.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Ilustrasi: Tim Media FMIPA UGM

Translate