Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Reza, Mahasiswa FMIPA Raih Medali Perunggu Cabang Gateball di PON 2024

Prestasi gemilang kembali didapatkan oleh mahasiswa FMIPA UGM dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Tahun 2024 yang diselenggarakan di Aceh – Sumatera Utara. Reza Kusuma Hadianto, mahasiswa Statistika angkatan 2023 raih medali perunggu di cabang olahraga gateball. Ia masuk UGM melalui jalur prestasi PBUB (Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi) berkat prestasinya di cabang olahraga gateball.

“Aku memulai latihan dengan melakukan try out di luar daerah, seperti Jawa Barat dan Ngawi, serta mengikuti beberapa turnamen terbuka untuk meningkatkan kemampuanku di cabor Gateball,” papar Reza Kusuma Hadianto.

Gateball merupakan cabor pertama kali yang dipertandingkan di PON, mempertemukan para atlet terbaik dari berbagai daerah. Sebelum PON, Reza berhasil meraih peringkat 3 dalam babak kualifikasi yang menjadi pintu masuk menuju PON. Dengan kuota hanya 8 atlet, termasuk 2 dari tuan rumah, Reza berhasil masuk dan mengalahkan atlet lainnya dalam kategori ganda putra dan meraih medali perunggu di PON kali ini.

“Kami mulai dari latihan mandiri hingga pemusatan latihan intensif dari Januari hingga Agustus 2024 yang diadakan oleh pihak DIY. Kami diharuskan berlatih minimal 18 jam per minggu, yang dilakukannya hampir setiap hari. Sehingga strategiku untuk fokus dengan memprioritaskan masing-masing kegiatan,” papar Reza Kusuma Hadianto.

Reza memulai perjalanan panjangnya sejak 2017 di dunia gateball, mulai dari kejurda antar kabupaten hingga kejurnas, meskipun belum pernah meraih juara di kejurnas, menunjukkan semangat pantang menyerahnya untuk terus berprestasi. Prestasi yang ia capai di PON kali ini menjadi bukti bahwa dengan fokus dan manajemen waktu yang baik, mahasiswa bisa berprestasi baik di bidang akademik maupun olahraga. Kegiatan ini turut mengimplementasikan SDGS point 4 yaitu yaitu akses terhadap pendidikan, dengan menyediakan program pelatihan untuk mahasiswa dalam mencapai prestasi di PON.

Penulis: Ratih Cintia Sari
Dokumentasi: Reza Kusuma Hadianto
Editor: Febriska Noor Fitriana

Keyword: PON, Kejuaraan, Gateball, SDGS, SDGS 4

Other News

Categories

Translate