Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Asah Pengetahuan Islami, Mahasiswi FMIPA UGM Sabet Juara 3 di Liga MTQ Nasional 2024 Bidang Cerdas Cermat Islam

Prestasi gemilang kembali diraih oleh mahasiswi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UGM dalam ajang Liga Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) UGM 2024. Tim Cerdas Cermat Islam (CCI) yang beranggotakan Zulfa Nailil Muna, mahasiswi Fisika 2022 dan dua rekannya berhasil menyabet juara 3. Lomba cerdas cermat Islam ini mengasah pengetahuan para peserta dalam berbagai aspek agama Islam, mulai dari pemahaman terhadap Al-Qur’an, Hadits, hingga sejarah Islam.

“Kami sebenarnya belum terlalu siap, hanya mengandalkan pengetahuan lama yang diingat kembali,” ujar Zulfa, salah satu anggota tim.

Meski hanya melewati persiapan yang singkat, tim yang beranggotakan mahasiswi lintas prodi ini berhasil menoreh prestasi yang memuaskan. Tak disangka, tantangan yang mereka hadapi ternyata membuka wawasan yang lebih luas tentang Islam. “Rasanya menantang, karena ini pertama kali ikut lomba seperti ini. Kami sempat merasa rendah diri melihat peserta lain yang ilmunya lebih tinggi, bahkan beberapa di antaranya adalah kenalan kami,” tambahnya.

Prestasi mahasiswi FMIPA UGM dalam ajang Liga MTQ, khususnya di bidang Cerdas Cermat Islam, tidak hanya mengharumkan nama FMIPA UGM, tetapi juga sejalan dengan nilai-nilai Sustainable Development Goals (SDGs), terutama pada poin ke-4 yaitu Pendidikan Berkualitas. Kompetisi ini mendorong peserta agar tidak hanya memperdalam keilmuan sains, tetapi juga pemahaman agama dan etika untuk mendukung pendidikan inklusif dan berkualitas.

Penulis : Meitha Eka Nurhasanah
Dokumentasi : Zulfa Nailil Muna

Other News

Categories

Translate