Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Inspiratif! Kisah Perjuangan William Jadi Wisudawan Terbaik FMIPA UGM, Raih IPK Hampir Sempurna dan Sabet Berbagai Penghargaan Juara

William, salah satu wisudawan terbaik pada Wisuda Program Sarjana FMIPA UGM Periode IV Tahun Akademik 2023/2024 mengungkapkan kisah perjuangannya yang inspiratif selama masa kuliah. Di tengah kesibukannya sebagai mahasiswa, William harus berhadapan dengan tantangan besar yaitu kondisi ekonomi keluarganya pasca pandemi COVID-19. Meski begitu, tantangan tersebut tidak menjadikannya penghalang dalam meraih gelar wisudawan terbaik Program Studi S1 Matematika dengan capaian IPK 3,81.

Ketika ditanya mengenai tips menjadi wisudawan terbaik, William menekankan pentingnya mengenali potensi diri.

“Saya bukan tipe mahasiswa yang ambisius. Jika ada mata kuliah yang berat dan membutuhkan banyak waktu, Saya lebih memilih fokus pada yang lebih efisien dan memberikan hasil maksimal. Sisanya, saya manfaatkan untuk kegiatan non-akademik seperti organisasi atau mencari pengalaman lain di luar kampus,” ujar William.

Meski harus menjalani kesibukan antara akademis, organisasi, dan pekerjaan paruh waktu untuk menunjang ekonomi keluarga, William tetap mampu mengukir sejumlah prestasi selama berkuliah di FMIPA UGM. Beberapa di antaranya adalah Medali Perak ONMIPA-PT 2022 dan 2024 dalam bidang Matematika, Juara 1 Calculus Cup UNJ 2022, serta Juara 3 Mathematical Analysis and Geometry Day ITB 2022.

Kisah perjuangan William ini sejalan dengan nilai Sustainable Development Goals (SDGs) ke-4 yaitu “Pendidikan Berkualitas”. Dengan semangatnya untuk terus berprestasi meskipun dihadapkan pada tantangan ekonomi, William membuktikan bahwa pendidikan yang baik dapat dicapai oleh siapa saja.

Penulis: Meitha Eka Nurhasanah
Dokumentasi: Direktorat Kemahasiswaan
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate