Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Dukung Kualitas Mahasiswa Baru, Himpunan Mahasiswa Elektronika dan Instrumentasi FMIPA UGM Beri Wawasan Kepemimpinan dan Kompetensi

Himpunan Mahasiswa Elektronika dan Instrumentasi FMIPA UGM menyelenggarakan kegiatan pengenalan pada mahasiswa baru di bidang kepemimpinan dan kompetensi. Kegiatan tersebut merupakan salah satu dari rangkaian acara dari masa pengenalan mahasiswa baru di tingkat jurusan yang diberi nama Elins Planet. Pada tahun sebelumnya, materi yang diberikan sebatan mengenai teknis-teknis terkait kegiatan akademik di kampus. Namun, tahun ini, mahasiswa baru diberikan wawasan mengenai kepemimpinan dan kompetensi khususnya pada bidang softskill.

“Aku ngeliat mabanya lebih semangat dari tahun sebelumnya. Lebih excited. Di teknis mereka semangat banget kayak bilang “ini kak aku bikin ini itu”, papar Zidan selaku Koordinator Acara Elins Planet.

Dalam hal ini, Zidan turut memaparkan rangkaian acara yang terbagi ke dalam 3 bagian yaitu Skill Set Forum, Kelompok Studi Elins, dan Forum Group Discussion. Di balik suksesnya acara yang dilaksanakan oleh segenap Himpunan Mahasiswa Elektronika dan Instrumentasi, Zidan mengaku sempat terdapat tantangan dalam memimpin acara tersebut.

“Tantangannya gimana kita cari materi yang tepat. Materi tahun sebelumnya tuh beda soalnya karena fokus ke teknis terus. Jadi, kita materi biar ada pemantik yang bisa memimpin (softskill) dan teknis,” papar Zidan.

Pada bagian Skill Set Forum, pokok materi yang disampaikan adalah mengenai mengenal diri sendiri, bagaimana menjadi pemimpin yang baik, cara mengelola organisasi, dan cara berkembang di organisasi. Pada bagian Kelompok Studi Elins, materi yang diberikan seputar kegiatan teknis dan contohnya sehingga mahasiswa baru langsung melakukan praktik dengan sensor. Para mahasiswa juga diberikan komponen untuk melakukan praktik dan ide dibebaskan untuk mereka. Terakhir, pada bagian Forum Group Discussion, terdapat kegiatan diskusi mengenai simulasi atau permainan yang tujuannya melatih kemampuan berpikir mahasiswa.

“Harapannya, semoga Elins Planet sukses dan ilmu untuk mabanya bermanfaat,” ungkap Zidan.

Kegiatan Elins Planet yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Elektronika dan Instrumentasi FMIPA UGM turut menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan mahasiswa baik secara teknis atau non teknis di bidangnya. Selain itu, kegiatan tersebut mengimplementasikan SDGs nomor 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur melalui kegiatan praktik terhadap komponen yang sudah disiapkan untuk mewadahi ide dari mahasiswa baru.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Indara Nurwulandari

Other News

Categories

Translate