Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Matematika Bukan Sekadar Angka, Kenal Lebih Dekat Departemen Matematika UGM Melalui Pameran Inovasi

Matematika seringkali dipandang sebagai ilmu yang hanya berkaitan dengan angka. Padahal, kenyataannya Matematika lebih dari sekadar itu. Untuk meluruskan pandangan ini, Departemen Matematika Universitas Gadjah Mada (UGM) berpartisipasi dalam pameran inovasi yang diselenggarakan dalam rangkaian workshop “Paradigma dan Implementasi Merdeka Belajar” pada awal bulan Agustus 2024 lalu di selasar Auditorium Lantai 7 FMIPA UGM.

Endang, mahasiswa Program Magister Matematika UGM, bersama Atina, dosen Departemen Matematika UGM, menjelaskan bahwa tujuan pameran ini adalah untuk memperkenalkan Matematika sebagai ilmu yang aplikatif, bukan sekadar berurusan dengan angka. Mereka juga memaparkan bahwa Departemen Matematika UGM membawahi tiga program studi sarjana: Matematika, Statistika, dan Ilmu Aktuaria, serta satu program studi magister dan satu program studi doktoral. Setiap program studi ini memiliki fokus riset masing-masing yang beragam.

Berbagai aplikasi ilmu Matematika yang dikembangkan di Departemen Matematika UGM turut dijelaskan, seperti pengaturan alur pasien di rumah sakit, prediksi kerugian akibat bencana alam, optimalisasi distribusi dan transportasi, peramalan saham, hingga kriptografi dan keamanan siber.

Pameran yang diselenggarakan oleh Departemen Matematika UGM menunjukkan penerapan SDGs poin 4 dan 9, yaitu Pendidikan Berkualitas serta Industri, Inovasi, dan Infrastruktur. Departemen Matematika UGM membuktikan bahwa akses pendidikan yang diberikan tidak hanya berfokus pada teori, tetapi juga mendorong inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan kemajuan bangsa.

Penulis: Azzah Nurfatin
Dokumentasi: Hero Prakosa Wibowo Priyanto
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate