Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Transformasi Positif FMIPA UGM di Mata Alumni

Didi Purwadi, Ketua KAGAMA Tangerang Selatan, menyampaikan apresiasinya terhadap transformasi yang terjadi di FMIPA UGM di bawah kepemimpinan Dekan FMIPA UGM, Prof. Kuwat Triyana. Salah satu perubahan signifikan yang disoroti adalah gaya kepemimpinan yang lebih inklusif dan jauh dari sifat feodal. Prof. Kuwat yang lebih akrab dipanggil dengan sebutan “Mas Kuwat” dianggap mencerminkan kedekatan yang lebih hangat dengan mahasiswa, alumni, dan generasi muda.

Di mata alumni, transformasi FMIPA UGM di bawah kepemimpinan Prof. Kuwat telah menciptakan suasana yang lebih inklusif dan kondusif bagi kesejahteraan seluruh civitas akademika. Gaya kepemimpinan Prof. Kuwat yang lebih suka dipanggil dengan sebutan “Mas Kuwat” menunjukkan pendekatan yang hangat dan akomodatif, menciptakan lingkungan yang terbuka bagi mahasiswa dan alumni untuk menyampaikan aspirasi mereka. Pendekatan ini juga dinilai berhasil dalam mendekatkan kampus dengan generasi z, yang cenderung lebih menghargai dialog terbuka dan kesempatan untuk terlibat secara aktif dalam pengambilan keputusan.

Keberhasilan kepemimpinan inklusif ini tercermin dalam berbagai program inovatif yang melibatkan mahasiswa, dosen, dan alumni. Salah satu hasil nyata dari kepemimpinan ini adalah terciptanya kolaborasi yang lebih baik antara dunia akademik dan industri yang turut memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan civitas akademika secara keseluruhan. Kepemimpinan yang terbuka ini juga memfasilitasi tercapainya keseimbangan antara pengembangan akademik dan kehidupan sosial mahasiswa.

Transformasi kepemimpinan yang lebih inklusif ini mendukung SDGs poin ke-4, Pendidikan Berkualitas yang mengedepankan inklusi dan SDGs poin ke-10, Mengurangi Kesenjangan, dengan menciptakan lingkungan yang lebih setara di mana suara semua pihak diakui dan dihargai.

Penulis: Chairunnisa Anggun Setiono
Dokumentasi:  Danendra Azriel Ramdhany
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate