Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Workshop Finalisasi Hibah Akreditasi ASIIN di FMIPA UGM Sukses Digelar dalam Diskusi Aktif untuk Mewujudkan Kesetaraan Kualitas Akademik Jenjang S2 dan S3

Acara Workshop Finalisasi Laporan Akreditasi ASIIN pada 14 September 2024 yang dipimpin oleh Prof. Drs. Roto, M.Eng, Ph.D. berlangsung dengan lancar dengan memberikan ruang diskusi terbuka untuk penyusunan dokumen yang diperlukan. Workshop tersebut kemudian dibuka oleh Prof. Sri Wahyuni yang mengarahkan pembahasan pada berbagai poin kritis.

Pembahasan utama meliputi masukan dari Widya selaku narasumber terkait program S2 dan S3. Untuk program S2, terdapat concern mengenai diploma supplement dengan data kohort, lulusan, dan penjelasan mengenai kesetaraan ECTS. Sementara itu, untuk program S3, dibahas tentang kesetaraan antara jalur reguler dan by research yang masih menjadi perhatian selama ini, terutama terkait target proses dan output yang berbeda. Selain itu, isu mengenai workload dan panduan regulasi akademik juga dibahas mendalam. Dalam evaluasi, Widya juga menyoroti pentingnya siklus QA (Quality Assurance) yang hasilnya harus disampaikan kepada mahasiswa.

Dengan diskusi mendalam yang berlangsung produktif, berbagai isu penting terkait penyusunan laporan akreditasi kembali dibahas untuk menyempurnakan program studi di Fakultas MIPA. Untuk Pembahasan utama meliputi panduan akademik S3 yang menekankan pentingnya penyesuaian SKS antara program reguler dan by research, hasil survei menunjukkan perbedaan beban kerja dan durasi studi sehingga penting untuk merevisi hitungan SKS agar lebih sesuai dengan beban akademik.

Selain itu, Widya juga menekankan pentingnya mengintegrasikan peminatan dalam program S2. Dalam rapat tersebut, disarankan agar SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) dapat mencakup peminatan, untuk membantu mahasiswa lebih mudah mencari pekerjaan.

Workshop yang diselenggarakan FMIPA UGM berperan penting dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 4: Pendidikan Berkualitas, yang menggarisbawahi pentingnya akses pendidikan tinggi yang inklusif dan setara, serta peningkatan kualitas pendidikan melalui akreditasi internasional.

Penulis: Chairunnisa Anggun Setiono
Dokumentasi:  Wahyu Micho Indrawan
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate