Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Intip Cerita dan Pengalaman Inspiratif Para Peserta DCSE Summer Course 2024

Murid-murid dari Al Khor International School dan mahasiswa internasional  seperti Fauzan yang berasal dari Nigeria serta Dzaki dari Ilmu Komputer UGM 2020, berbagi pengalaman mereka setelah mengikuti DCSE Summer Course selama 1 minggu. Kursus ini memberikan pengalaman yang sangat berharga, dengan fokus pada bidang teknik seperti teknik biomedis dan teknik sipil yang melibatkan penggunaan sistem robot terintegrasi. Menurut mereka, pembelajaran di kursus ini sangat berbeda dan lebih maju dibandingkan dengan apa yang mereka pelajari di sekolah.

Topik yang paling berkesan selama kursus ini antara lain adalah Artificial Intelligence (AI) dalam pertanian yang disampaikan oleh seorang profesor dari Malaysia. Topik ini sangat relevan bagi salah satu peserta karena dapat membantu ayahnya yang bekerja di bidang pertanian. Selain itu, terdapat pula materi tentang drone robot yang disampaikan oleh profesor dari Jepang atau Korea yang mengajarkan bagaimana memindai sekolah dan situs wisata lokal, serta komputasi empatik yang menunjukkan bagaimana emosi dapat diintegrasikan ke dalam komputer.

Meskipun menghadapi beberapa tantangan karena tingkat kesulitan yang lebih tinggi di universitas, mereka merasa sangat terbantu oleh dukungan dari teman-teman mereka. Keseluruhan pengalaman ini dianggap sangat informatif dan memperkaya pengetahuan serta keterampilan mereka, terutama dalam hal pemrograman dan teknologi. Para peserta juga mengapresiasi kesempatan belajar dari dosen internasional yang memberikan wawasan mendalam tentang berbagai bidang ilmu yang sedang berkembang di negara-negara mereka.

DCSE Summer Course ini tidak hanya membantu mereka dalam pertumbuhan pribadi, tetapi juga membuka peluang untuk menjalin hubungan dengan profesor dari berbagai negara. Hal ini menciptakan jaringan yang bermanfaat bagi masa depan mereka.

Pengalaman ini berhubungan langsung dengan beberapa Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya SDG 4: Pendidikan Berkualitas yang mendukung pembelajaran inklusif dan berkualitas untuk semua. Selain itu, SDG 9: Industri, Inovasi, dan Infrastruktur juga relevan karena program ini mendorong inovasi dan pengembangan teknologi yang penting bagi kemajuan ekonomi dan sosial di masa depan.

Penulis : Chairunnisa Anggun Setiono
Dokumentasi : Hero Prakosa Wibowo Priyanto
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate