Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

FMIPA UGM Ikuti Peningkatan Kompetensi Kesehatan Mental

FMIPA UGM ikuti Peningkatan Kompetensi Kesehatan Mental pada hari Sabtu, 24 Agustus 2024 di Rumah Sakit Akademik UGM. Kegiatan dihadiri oleh berbagai dosen, pegawai, dan mahasiswa dari masing-masing unit di lingkungan UGM. Dalam hal ini, FMIPA UGM diwakili langsung oleh Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana, M.Si., selaku Dekan FMIPA, Prof. Drs. Roto, M.Eng., Ph.D., selaku Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan FMIPA UGM, serta perwakilan mahasiswa FMIPA UGM.

“Kami ingin tahu bagaimana cara praktik dan pengetahuan tentang kesehatan mental. Kita coba bagaimana pertolongan pertama ketika terkait dengan pingsan,” papar Prof. Kuwat, selaku Dekan FMIPA UGM usai melaksanakan praktik pertolongan pertama.

Secara umum, kegiatan peningkatan kompetensi terdiri atas pemaparan materi terkait faktor dan gejala kesehatan mental, praktik pertolongan pertama pada kesehatan mental, dan peluncuran buku P3K untuk mahasiswa dan pengelola kampus.

“Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa dan perwakilan HPU tahu ke mana dalam meminta pertolongan dan perujukan terhadap upaya atau percobaan bunuh diri. Mahasiswa juga jadi semakin paham akan kesehatan mental serta menghapus stigma negatif pada kesehatan mental,” papar dr. Ade Febrina Lestari, M.Sc., SpA(K). selaku Ketua Tim Peningkatan Kompetensi Kesehatan Mental Mahasiswa dan Ambassador UGM sekaligus Pokja Mental Health HPU UGM.

Dalam hal ini, dr. Ade juga menambahkan bahwa RSA telah menyediakan berbagai fasilitas untuk penanganan percobaan bunuh diri seperti layanan siaga ambulans untuk menjemput pasien, tim ahli berupa dokter jiwa dan psikolog, serta tindakan di ruang ICU atau operasi.

“Harapannya, semoga mahasiswa lebih sadar dan upaya bunuh diri bisa ditekan. Mereka jadi tahu harus pergi ke mana dan tahu alur rujukannya. Efeknya tidak hanya berhenti di perawatan saja tetapi bisa dukung pasien-pasien yang sedang tahap pemulihan,” papar dr. Ade.

Kegiatan Peningkatan Kompetensi Kesehatan Mental yang diikuti oleh FMIPA UGM turut mendukung SDGs nomor 3 yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera melalui fasilitas kesehatan dan obat-obatan yang terjangkau oleh mahasiswa serta nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan wawasan dan keterampilan dalam pertolongan pertama pada percobaan bunuh diri.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate