Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Inspiratif! Mahasiswa FMIPA Raih Juara 1 Pada Lomba Datathon di Fasilkom UI

Fakultas MIPA kembali sabet prestasi yang diraih oleh mahasiswanya. Tim yang bernama ‘Kuliah di Depok V2’ dengan beranggotakan mahasiswa Ilmu Komputer FMIPA UGM itu berhasil menjadi juara pertama dalam lomba Datathon yang diadakan oleh Ristek Fasilkom UI. Lomba ini adalah sebagai penyedia platform tempat para peserta dapat menyempurnakan kemampuan analisis dan belajar memperoleh wawasan dari kumpulan data. Sebuah hackathon yang berfokus pada data science, dirancang untuk memberikan wawasan dan mensimulasikan permasalahan dunia nyata yang sering dihadapi oleh industri.

“Tim kami terdiri dari 2 orang mahasiswa Ilmu Komputer UGM dan satu mahasiswa UI. Dalam mempersiapkan lomba ini, kami langsung menyelami soal-soal yang diberikan dan mencari literatur serta penelitian yang relevan,” papar Vian Sebastian perwakilan tim dari mahasiswa Ilmu Komputer, dalam wawancara online, Jumat (16/8).

Setelah memperkuat konsep, tim merencanakan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang diberikan. Pekerjaan dilakukan hampir sepenuhnya secara online, mengingat lomba dimulai selama liburan. Sebagian besar komunikasi dilakukan melalui online, dengan sesi malam hari yang intens untuk memberikan feedback satu sama lain.

“Kami hanya bertemu sekali di Jakarta sebelum final untuk latihan presentasi. Meski Ristek juga mengadakan lomba hackathon lainnya, kami fokus pada Datathon ini, dengan mengatur waktu dan mempercayai satu sama lain,” papar Vian Sebastian.

Lombanya berlangsung mendekati libur semester, sehingga tim mempersiapkan perlombaan ini dengan schedule perkuliahan yang tidak terlalu mengganggu. Dengan keyakinan bahwa setiap anggota tim memiliki keinginan yang sama untuk menang dan Inisiatif individu menjadi kunci.

Sementara itu Vian perwakilan dari tim bercerita bahwa ia selalu meluangkan waktu khusus untuk mempersiapkan lomba ini, meskipun memiliki kesibukan lain. Walaupun beberapa aktivitas lain tidak berjalan sebaik sebelumnya, Vian merasa usaha dan waktu yang diinvestasikan untum lomba dan tim nya benar-benar sepadan. Keberhasilan tim mewakili nama UGM dan Fakultas MIPA merupakan implementasi dari SDGs poin 4 tentang pendidikan berkualitas melalui penyediaan fasilitas pembelajaran oleh Fakultas MIPA kepada mahasiswanya.

Penulis: Ratih Cintia Sari
Dokumentasi: Vian Sebastian
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate