Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

FMIPA UGM Ajak Orang Tua Wali Mahasiswa Baru untuk Bersinergi Mendukung Prestasi dan Studi

FMIPA UGM menggelar pertemuan orang tua wali mahasiswa baru pada Sabtu, 3 Agustus 2024 melalui ruang digital Zoom. Acara dibuka dan dipandu oleh Idham Syah Alam, S.Si., M.Sc., Ph.D. selaku perwakilan dosen pengajar di FMIPA UGM. Kemudian, acara dilanjutkan dengan menyanikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Gadjah Mada.

Dekan FMIPA UGM, Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana, M.Si. turut memberikan sambutan dan menjadi pemateri dengan tema Lebih Dekat dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Gadjah Mada. Dalam pertemuan ini, terdapat lebih dari 200 hadirin yang merupakan orang tua wali mahasiswa baru FMIPA UGM beserta perwakilan dosen dari masing-masing program studi FMIPA UGM.

Dalam mengawali penyampaian, Prof. Kuwat mengenalkan mengenai fasilitas dan program-program yang dapat diakses oleh mahasiswa. Kemudian, Dekan FMIPA UGM tersebut turut menekankan bahwa FMIPA UGM tidak dapat bekerja sendiri tetapi harus bekerja sama dengan mahasiswa dan orang tua wali mahasiswa di FMIPA UGM.

“Kami berharap bisa mencetak pemimpin di bidangnya yaitu di bidang sains seperti pemimpin pada bidang fisika,” papar Prof Kuwat.

Kemudian, pemaparan dilanjutkan dengan membahas pentingnya penguasaan softskill dan isu-isu yang berkembang di kehidupan mahasiswa zaman sekarang.

“Yang penting kita perlu mendorong kemandirian mahasiswa agar mereka tidak bergantung pada orang lain,” papar Prof Kuwat.

Orang tua wali murid berkesempatan mendapatkan sesi interaktif dengan bertanya langsung kepada FMIPA UGM.

“Untuk mahasiswa yang reguler apakah boleh mengikuti internship selama 1 semester di luar negeri?”, tanya Igun selaku orang tua wali mahasiswa baru.

Hal ini langsung ditanggapi oleh Prof. Drs. Roto, M.Eng., Ph.D. selaku Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan (WDPPK)

“Mahasiswa non IUP juga punya kesempatan yang sama untuk exchange ke luar negeri,” jelas Prof Roto.

Hadirnya interaksi dan sinergi antara FMIPA UGM dengan orang tua wali mahasiswa baru FMIPA UGM merupakan cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas dan nomor 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan melalui kerja sama dalam mendukung mahasiswa mendapatkan akses pendidikan dan keterampilan khususnya di bidang sains dan kepemimpinan.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Foto: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate