Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Sukses Gelar Geophysics Outreach, Geofisika UGM Kenalkan Fenomena Intrusi Air Laut di SMA Negeri 1 Sanden

Geofisika UGM berhasil laksanakan acara Geophysics Expedition dan Outreach yang menjadi acara tahunan HMGF UGM dan SEG UGM SC. Sebelum acara Geophysics Outreach diadakan, mahasiswa Geofisika UGM yang mendaftar juga diberikan kesempatan untuk mencoba alat metode. Momen coba alat tersebut merupakan rangkaian Geophysics Expedition bersama dengan geostudy yang dilakukan 2 kali.

Geostudy dilakukan oleh asisten sesuai metode dengan harapan bisa memberikan teori kepada para peserta terkait metode yang akan di akuisisi. Rangkaian acara coba alat juga menjadi rangkaian acara yang penting sebab khususnya mahasiswa Geofisika UGM dan mahasiswa luar UGM diberi kesempatan untuk melakukan akuisisi di lingkungan sekitar Fakultas MIPA, tepatnya di hutan biologi, jalan sains, dan sekitaran departemen fisika.

Gak kalah seru dari rangkaian GE dan Outreach, Roadshow dan Geo showcase juga jadi rangkaian acara yang menyenangkan. Kami memperkenalkan Geofisika dan hasil akuisisi Outreach kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 Sanden dan respon mereka penasaran terkait fenomena intrusi air laut,” ujar Anastasia Sherliana, selaku Ketua pelaksana Geophysics Expedition dan Outreach, dalam wawancara online, Rabu (31/7).

Rangkaian acara Roadshow dan Geo showcase mengangkat tema Mengenal Geofisika Untuk Mendeteksi Fenomena Intrusi Air Laut  yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sanden hari Senin, 29 Juli 2024.

“Dengan menghadirkan dosen dari Geofisika UGM sesuai bidangnya serta pengawas dari Departemen Fisika, acara Roadshow dan Geo showcase ini berhasil dilakukan dengan lancar,” ujar Anastasia Sherliana, menambahkan keterangannya dalam wawancara daring, Rabu (31/7).

Pada kesempatan lain siswa SMA Negeri 1 Sanden juga meramaikan bertanya dalam sesi diskusi. Dengan menanyakan info terkait akuisisi dan hasil data yang didapatkan dari event Outreach. Dari rangkaian geo showcase juga memperkenalkan Geofisika sekaligus alat yang dipakai untuk akuisisi sesuai dengan metode yang ada. Dalam acara ini, Geofisika FMIPA UGM mengimplementasikan SDGs poin 4 yaitu pendidikan untuk berkelanjutan dengan memberikan pembelajaran dasar untuk siswa SMA 1 Sanden, SDGs poin 6 yaitu air yang dapat diakses dan air tanah.

Penulis: Ratih Cintia Sari
Foto: DDD Geophysics Expedition dan Geo Showcase
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate