Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Dukung Indonesia Tangguh Bencana, FMIPA UGM Resmi Kerja Sama dengan PT. Reasuransi Meipark

FMIPA UGM melaksanakan penandatanganan kerja sama dengan PT. Reasuransi Meipark Indonesia pada Rabu, 10 Juli 2024 di Ruang Auditorium FMIPA UGM. Kegiatan kerja sama dilakukan dalam rangka mendukung Indonesia agar tangguh terhadap bencana melalui kolaborasi riset berkaitan dengan manajemen risiko bencana dan penanggulangannya. Acara dibuka dengan sambutan dari Dekan FMIPA UGM, Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana, M.Si.

“Semoga kerja sama dapat berjalan secara maksimal dan kami akan mendukung bersama teman-teman dari program studi Aktuaria. Kami butuh sekali mendapatkan wawasan atau paparan dari industri agar tercapai tujuan-tujuan dari pendidikan kami. Kerja sama ini bisa memetakan potensi sehingga kami bisa mendapatkan insight dari industri,” papar Kuwat.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan diskusi mengenai peluang dan tantangan kerja sama yang akan dihadapi bersama dengan melihat kondisi kebencanaan di Indonesia saat ini.

“Meipark akan menjadi penghubung antara dunia pendidikan dengan mekanisme asuransi risiko bencana. Kami akan menggunakan metode dan pendekatan dalam prediksi risiko,” papar Direktur Utama PT. Reasuransi Maipark Indonesia, Kocu Andre Hutagalung.

Dalam hal ini ilmu statistika dan aktuaria dibutuhkan untuk mendukung program-program yang ditawarkan seperti perhitungan dan manajemen risiko bencana dan perubahan iklim. Selain itu, program yang akan dijalankan juga adalah mengembangkan model-model untuk memmbangun estimasi kerugian akibat bencana alam.

Kerja sama antara FMIPA UGM dan PT. Reasuransi Meipark Indonesia merupakan cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas dan nomor 11 yaitu Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan dengan melibatkan mahasiswa dan peneliti di bidang statistika dan aktuaria dalam kolaborasi bersama di bidang risiko dan manajemen bencana yang merupakan pendidikan untuk berkelanjutan.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Foto: Hero Prakosa Wibowo Priyanto

Other News

Categories

Translate