Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Tim Karawitan Laras Sains FMIPA UGM Meriahkan Acara Festival Karawitan, Batik, dan Jajanan Nusantara 2024

Tim Karawitan Laras Sains FMIPA UGM memberikan sajian pertunjukkan istimewa melalui tabuhan gamelan dalam acara Festival Karawitan, Batik, dan Jajanan Nusantara di Fakultas Filsafat UGM pada hari Minggu, 21 Juli 2024. Turut meramaikan acara, Tim Laras Sains yang berjumlah 19 personil ini memainkan gending sajian atau lagu berupa lancaran mesem, ladrang pangkur, dan srepeg mataram.

“Laras Sains pemainnya cukup heterogen yang terdiri atas dosen, tendik, mahasiswa, alumni, dan purna tugas. Ada beberapa juga yang dari luar UGM. Jadi, cukup sulit untuk koordinasi dalam Latihan. Namun, alhamdulillah bisa mengikuti festival dengan lancar. Festival ini memicu untuk berkreasi dan latihan lebih serius agar bisa tampil lebih baik di kesempatan yang akan datang,” papar Janoe Hendarto, selaku Ketua Tim Laras Sains.

Sambutan tepuk tangan dari penonton mengiringi tabuhan awal dan akhir dari Laras Sains. Harmoni dan sinergi antar instrumen gamelan yang terpadu mampu menarik sorot mata para pengunjung dan penonton acara festival. Salah satu pemain instrumen berupa gendang turut memaparkan kesan pesan yang didapat selama mengikuti rangkaian latihan hingga pentas.

Engga ada pembeda mana yang sudah jago dan belum jago karena pemain senior di sini selalu ngemong (menaungi) yang lebih muda,” papar Viga, selaku pemain gamelan Tim Laras Sains sekaligus mahasiswa FMIPA UGM.

Hadirnya Tim Laras Sains di FMIPA UGM menjadi wadah bagi para sivitas akademik untuk turut mempelajari dan melestarikan budaya serta memberikan edukasi mengenai warisan budaya yang dimiliki. Hal ini merupakan cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas dan nomor 11 yaitu Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan melalui pendidikan berkelanjutan dan warisan budaya.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Foto: Hero Prakosa Wibowo Priyanto

Other News

Categories

Translate