Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Dorong Kelancaran Pengabdian Masyarakat, FMIPA UGM Kembali Beri Bantuan Dana KKN untuk Mahasiswa

Siswa binaan mahasiswa KKN (Foto: Kegiatan Fun Physics Experiment KKN Desa Tambang Ayam)

FMIPA UGM beri bantuan dana pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk mahasiswa FMIPA UGM. Bantuan dapat diperoleh melalui proposal yang diajukan dalam waktu 1 bulan sebelum kegiatan hingga saat pelaksanaan kegiatan di minggu pertama KKN. Proposal dapat diajukan oleh tim KKN yang beranggotakan mahasiswa FMIPA UGM dengan seorang dosen pembimbing lapangan. Cakupan dana yang diberkan oleh FMIPA UGM adalah sebesar Rp. 3.000.000, 00 yang merupakan nominal maksimal dari anggaran yang diajukan.

“FMIPA UGM memberikan bantuan dana kegiatan setiap periode KKN. Dalam 1 tahun ada 4 periode KKN dan setiap periode kami memberikan kuota untuk 5 tim untuk diberikan dana bantuan KKN,” kata Dr. Ertin, selaku Sekretaris Unit Pendukung Kegiatan Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan FMIPA UGM

Salah satu tim KKN FMIPA UGM yang lolos mendapatkan dana bantuan adalah tim yang bertugas di Desa Bandulu, Tambang Ayam, dan Cikoneng, Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang, Banten. Tema kegiatan yang diusung adalah “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat melalui Pengembangan Pariwisata”. Program kerja yang dilakukan antara lain sosialisasi dan pembuatan titik kumpul bencana, pengajaran di sekolah melalui Fun Physics Experiment, pengadaan pojok baca, dan edukasi pengolahan sampah menjadi kerajinan tangan.

Program Bantuan Dana Pelaksanaan KKN-PPM UGM

Pemberian dana bantuan untuk KKN oleh FMIPA UGM merupakan implementasi dari SDGs nomor 1 yaitu tanpa kemiskinan melalui bantuan keuangan untuk mahasiswa dalam melaksanakan program KKN, nomor 4 yaitu kualitas pendidikan melalui program pojok baca dan eksperimen sains dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak, serta nomor 12 yaitu konsumsi dan produk yang bertanggung jawab melalui program pengelolaan limbah sampah. Harapannya, kegiatan ini akan terus mendukung program KKN khususnya bagi mahasiswa FMIPA UGM.

 

Keywords: KKN, bantuan, mahasiswa, pengabdian

Penulis: Febriska Noor Fitriana

Foto: Tim KKN Desa Tambang Ayam, Kabupaten Serang

Other News

Translate