Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Sadar Kondisi Lingkungan, Mahasiswi FMIPA Bagikan Pengalaman Menjadi Relawan Waste Event Managament

Kansa, seorang mahasiswi FMIPA UGM, membagikan pengalamannya ketika bergabung dengan komunitas pecinta alam Lokalogi yang berfokus pada pengelolaan limbah acara atau waste event management. Lokalogi merupakan bagian dari Pramuka UGM yang berperan penting dalam menjaga kebersihan lingkungan ketika acara-acara besar kampus berlangsung, seperti PIONIR (acara pengenalan mahasiswa baru) dan Gelanggang Expo (GELEX). Ketertarikan Kansa untuk bergabung muncul setelah mengetahui tujuan dan kegiatan komunitas ini, yang sejalan dengan minat dan kepeduliannya terhadap lingkungan.

“Saya suka mencari kegiatan bermanfaat. Ketika mendapat poster volunteering untuk waste event management saat PIONIR UGM, Saya langsung mendaftar untuk merasakan euforia menjadi relawan,” ujar Kansa.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan selama volunteering cukup beragam. Dalam acara PIONIR UGM, Kansa bertugas pada hari pertama dan kedua untuk membimbing mahasiswa baru (GAMADA) dalam memilah sampah. Sampah organik ditempatkan di ember untuk dijadikan makanan maggot sedangkan sampah anorganik dikumpulkan dengan rapi dalam trashbag, dan sampah residu dibuang ke tempat sampah yang telah disediakan

Salah satu pengalaman yang paling berkesan bagi Kansa adalah menyadari betapa besar jumlah food waste yang dihasilkan selama acara PIONIR.

Food waste di fakultas saya saja sudah bisa mencapai 30 kg. Gimana kalau seluruh fakultas UGM digabungkan? Pengalaman ini membuat Saya lebih bersyukur dan membuat Saya lebih aware tentang menghabiskan makanan gara tidak menjadi limbah”, ungkapnya.

Ia berharap semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya pengelolaan limbah, terutama food waste.  Keterlibatannya dalam waste event management telah menjadi langkah konkret untuk meningkatkan kesadaran banyak orang tentang pentingnya menjaga kebersihan dan mengelola sampah dengan baik di lingkungan sekitar. Hal ini sejalan dengan nilai-nilai Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya tujuan ke-12 yaitu Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab.

Penulis: Meitha Eka Nurhasanah
Dokumentasi: Kansa Medina
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate