Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Kemuslimahan KMFM Ajak Gapai Kebahagiaan dengan Sabar dan Syukur

Setiap manusia memiliki kebutuhan rohani yang perlu dipenuhi, termasuk di lingkungan kampus yang plural. Pemenuhan kebutuhan ini dapat terwujud melalui berbagai kegiatan kerohanian yang diadakan oleh organisasi keagamaan. Salah satu contohnya adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Departemen Kemuslimahan Keluarga Muslim Fakultas MIPA (KMFM) Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Jumat, 23 Agustus 2024 di ruang S1.210 FMIPA UGM.

“Tiga kunci kebahagiaan, yaitu ketika dia mendapatkan nikmat, dia bersyukur; ketika dia mendapatkan kesulitan, dia bersabar; dan ketika dia berbuat dosa, dia memohon ampunan,” terang Zulfa Munawwarah, pembicara pada kegiatan Berbagi Ilmu dalam Kajian (Berlian) dengan tema Be Patient and Humble Muslimah.

Kajian ini menekankan pentingnya keteguhan hati dalam menjalani kehidupan, terutama melalui sikap sabar, syukur, dan tawakal kepada Allah. Selain itu, disinggung juga pentingnya meluruskan niat agar setiap tindakan ditujukan untuk mencari ridha Allah dan bukan pengakuan manusia.

Tidak hanya mendengarkan pemaparan materi, para peserta yang mayoritas mahasiswi FMIPA juga berperan aktif dalam sesi tanya jawab. Dalam sesi ini, berbagai pertanyaan diajukan, mulai dari rekomendasi bacaan, cara memperluas kesabaran, konsep batas dalam bersabar, hingga bagaimana menghadapi orang yang mencemarkan nama baik dan menentukan batasan sikap rendah hati sebagai muslimah.

Kegiatan Berlian yang diselenggarakan oleh Departemen Kemuslimahan KMFM UGM menunjukkan penerapan SDGs poin 4, yaitu Pendidikan Berkualitas. Selain memenuhi kebutuhan rohani, acara ini juga memberikan akses kepada pendidikan agama yang bermutu bagi para muslimah FMIPA.

Penulis: Azzah Nurfatin
Dokumentasi: Azzah Nurfatin
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate