Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

FMIPA UGM Dukung Penyelenggaran Liga MTQ UGM: Fasilitasi Acara dalam Telusur Bibit Unggul Ajang MTQ Nasional 2025

FMIPA UGM memberikan dukungan pada penyelanggaraan acara Liga MTQ UGM Tahun 2024 dengan tema Potensi Generasi Qurani, Sinergi Menuju UGM Berprestasi melalui fasilitasi lokasi acara di ruangan FMIPA UGM. Kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu, 22 September 2024 tersebut diikuti oleh berbagai mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas di UGM. Terdapat 14 cabang lomba yang diselenggarakan seperti MTQ, Tausyiah, Cerdas Cermat Islam, Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an, Desain Aplikasi Komputer Al-Qur’an, Debat Ilmiah Al-Qur’an, Menyanyi Pop Religi, dan lainnya.

“Lomba MTQ di tingkat UGM, ada 14 cabang yang individu dan beregeru. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan MTQN 2025. Kegiatan ini dilakukan juga untuk meningkatkan prestasi UGM di bidang MTQN di tahun 2025 karena kemarin UGM peringkat 6 di tahun 2024. Kita juga cari bibit untuk menyalurkan bakatnya pembinaan di kerohanian. Setelah ini, pemenang akan dibina selama menuju persiapan pelaksanaan tingkat nasional oleh ahli di bidangnya yang biasa melahirkan juara nasional. Top 3 tahun ini akan diadu dengan mahasiswa baru 2025. Yang bagus akan jadi delegasi UGM,” papar Gayuh, selaku Ketua Acara sekaligus Ketua Komunitas MTQ UGM.

Salah satu mahasiswa Fisika FMIPA UGM, Meitha, juga turut mengikuti lomba tersebut dalam cabang lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an.

“Saya sangat kagum dengan peserta lain yang mana semuanya memiliki gagasan yang keren dan inspiratif. Banyak ilmu baru yang saya dapatkan dari mereka, serta dengan memperhatikan gagasan dan presentasi peserta yang meraih juara, saya menjadi lebih paham tentang bagaimana presentasi yang baik dan hal ini akan menjadi acuan bagi saya untuk meng-upgrade diri di lomba-lomba selanjutnya,” papar Meitha.

Gayuh, selaku Ketua Acara sekaligus Ketua Komunitas MTQ UGM turut memaparkan harapan dari terselenggaranya acara ini.

“Semoga lebih bisa menjaring lagi mahasiswa UGM di bidang kerohanian, lebih menjaring lagi di event nasional, bisa memperluas syiar dan syair Islam, bisa memperkuat ukhuwah islamiyah. Kemudian, Dewan Hakim dari tingkat nasional, ponpes, yang ahli di bidanngnya, ga cuman ahli tapi master, yang dibina beliau-beliau ini nantinya bisa melahirkan juara-juara nasional,” ungkap Gayuh.

Kegiatan Liga MTQ yang didukukung oleh FMIPA UGM dalam fasilitasi lokasi acara menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu pendidikan untuk keberlanjutan melalui pendidikan di bidang kerohanian. Kemudian, hal ini turut mendukung keterampilan mahasiswa di bidang kerohanian.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentas: Indara Nurwulandari

Other News

Categories

Translate