Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Cerita Elida, Dosen Fisika FMIPA UGM Sambangi Dunia Wicara Publik

Momen Rapat Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis FMIPA UGM menjadi momen yang penting bagi segenap sivitas akademika di FMIPA UGM termasuk bagi Elida, Dosen Fisika FMIPA UGM. Sosok dosen dengan nama lengkap Elida Lailiya Istiqomah, S.Si., M.Sc. yang akrab disapa Mbak Elida tersebut menyempatkan diri untuk menerima tawaran menjadi pembawa acara untuk kegiatan Rapat Senat Terbuka FMIPA UGM. Menjadi sosok pembawa acara menjadi kesempatan bagi Elida untuk menyambangi dunia wicara publik.

“Panitia Dies Natalis sudah menghubungi Aku sejak 30 Juli dan Aku setuju dengan tawaran MC ini. Karena Rapat Senat FMIPA adalah acara yang ‘sakral’ dan formal. Aku belajar banyak dari video rapat senat tahun sebelumnya yang diupload di YouTube. Sepekan sebelum hari H Aku juga ikut rapat panitia sehingga persiapan lebih matang. Latihan bersama partner MC, Pak Idham Syah Alam juga baru H-1 karena jadwal kami sama-sama padat,” papar Elida.

Dalam hal ini Elida juga turut menyampaikan tantangan yang menghadangnya. Walaupun demikian, hal tersebut dapat dilalui dan acara berjalan lancer serta sukses hingga akhir acara.

“Yang paling deg-degan tentunya saat sambutan Bu Rektor, karena beliau di hari itu harus menghadiri acara Dies Natalis juga di 4 fakultas yang lain. Waktu yang dimiliki Bu Rektor sangat terbatas (hanya 25 menit saja) WOW banget kan? Untunglah panitia sangat kompak dan supportif sehingga di tengah-tengah orasi ilmiah, Bu Rektor bisa memberikan sambutannya. Kemudian, langsung meninggalkan acara karena agenda beliau yang super padat. Aku lega sekali sih karena panitia membantu MC di situasi ini. Baru kali ini aku mengalami menjadi MC acara formal dengan tantangan seperti itu, sangat berkesan,” ungkap Elida.

Bagi Elida, dirinya berharap agar pembawa acara atau MC rapat senat selanjutnya semakin keren dan oke. Elida juga menyampaikan bahwa support system yang ada adalah adanya panitia yang solid, dan jangan nervous, serius tapi santai.

Peran Elida sebagai pembawa acara di tengah kesibukannya sebagai Dosen Fisika UGM mencerminkan SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan dosen di bidang wicara publik.

Other News

Categories

Translate