Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Tim Kethoprak FMIPA UGM Gelar Gladi Bersih Jelang Malam Pentas Malam Kangen FMIPA

Tim Kethoprak FMIPA UGM melaksanakan gladi bersih latihan gamelan pada Jumat, 13 September 2024 dalam rangka persiapan acara pentas dalam rangka memeriahkan acara Malem Kangen FMIPA UGM pada 14 September mendatang di area kampus FMIPA UGM. Berbagai persiapan telah dilakukan seperti latihan rutin di fakultas, koordinasi teknis pentas, dan koordinasi kostum pemain. Pemain kethoprak terdiri atas mahasiswa, pegawai, dan dosen di lingkungan FMIPA UGM. Pimpinan fakultas seperti dekan dan wakil dekan juga turut meramaikan pementasan kethoprak seperti peran Prof. Eng. Kuwat selaku dekan menjadi seorang ayah dalam naskah.

Tantangan yang dihadapi ketika di lapangan adalah adanya risiko gangguan pada pengeras suara yang dapat mengganggu jalannya adegan yang diperankan serta jadwal para pemain yang berbeda sehingga terdapat kesulitan untuk berkumpul secara lengkap dan tepat waktu. Kemudian, beberapa mahasiswa masih terlihat sungkan ketika harus berlawanan peran dengan para dosen dan pegawai. Dalam hal ini, beberapa lagu dari permainan gamelan akan mengiringi seperti Sri Slamet, Asmarandana, Puspawarna, Rujak Jeruk, Tebusa’ayun, Pocung, Lindur, Srepeg Mataram, dan Bindri.

“Pemeran-pemerannya sulit untuk kumpul secara tepat waktu karena kesibukan masing-masing,” papar Joko selaku sutradara pementasan.

Latihan kethoprak yang dilakukan oleh segenap sivitas akademika FMIPA UGM menjadi kesempatan bagi para sivitas akademik untuk turut melestarikan budaya serta memberikan edukasi mengenai warisan budaya yang dimiliki. Hal ini merupakan cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui keterampilan dalam seni peran kethoprak dan nomor 11 yaitu Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan melalui pelestarian warisan budaya berupa seni peran kethoprak.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Foto: Sulaiman Nurhidayat dan Wahyu Micho

Other News

Categories

Translate