Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Aksi Sosial Darma Wanita MIPA melalui Donor Darah Bersama Rumah Sakit Sardjito

Setiap tahunnya Dharma Wanita Fakultas MIPA UGM bersama Rumah Sakit Sardjito dan komunitas lainnya seperti PMI rutin menggelar kegiatan donor darah. Kegiatan ini telah berlangsung sejak tahun lalu, dengan rentang 2 kali dalam setahun, yaitu di bulan Februari dan selama perayaan Dies Natalis fakultas.

“Sejarah partisipasi Dharma Wanita dalam kegiatan donor darah bermula dari inisiatif pengurus yang sudah aktif mendonorkan darah sejak masa kuliah. Akibat rasa empati terhadap orang lain mendorong kami untuk berbagi melalui donor darah,” papar koordinator donor darah Dharma Wanita MIPA tahun ini.

Tidak hanya donor darah, Dharma Wanita juga memiliki program sosial lainnya. Program di bidang Sosial Budaya (Sosbud) mencakup bazar sembako murah yang diselenggarakan setiap bulan Ramadan. Kegiatan tersebut bertujuan membantu pegawai MIPA, termasuk cleaning service dan satpam dengan harga terjangkau. Dana untuk kegiatan ini sepenuhnya berasal dari kas Dharma Wanita yang dikelola dari hasil kantin fakultas.

“Hasil donor darah dari kegiatan ini akan disalurkan ke Rumah Sakit Sardjito yang nantinya akan mendistribusikannya kepada pasien yang membutuhkan. Bulan ini sebanyak 40 peserta berhasil berpartisipasi sementara Februari lalu mencapai 67 orang,” papar koordinator donor darah Dharma Wanita tahun ini.

Adapun persyaratan dasar untuk mengikuti donor darah ini meliputi berat badan minimal 50 kg, kadar Hb minimal 12,4, serta tensi yang stabil. Screening dilakukan oleh tim medis dari Sardjito dengan menggunakan peralatan lengkap termasuk timbangan untuk memastikan semua peserta memenuhi kriteria.

Koordinator pelaksana kegiatan ini berharap bahwa para peserta dapat mempersiapkan diri dengan baik dan memenuhi persyaratan screening awal. Kegiatan ini turut mengimplementasikan SDGs poin 3 yaitu kehidupan sehat dan sejahtera dan SDGs poin 5 yaitu standar dasar kehidupan dengan berempati terhadap orang lain.

Penulis: Ratih Cintia Sari
Dokumentasi: Ratih Cintia Sari
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate