Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Mahasiswa FMIPA UGM Beri Tips Tingkatkan Percaya Diri Saat Wicara Publik

Keterampilan komunikasi melalui berbicara di depan umum atau wicara publik merupakan salah satu kompetensi yang penting bagi mahasiswa. Kompetensi ini dapat diaplikasikan saat presentasi penelitian, ujian seminar, perlombaan, bahkan untuk wawancara pekerjaan. Namun, tidak semua mahasiswa berminat untuk mempelajarinya. Alasan mereka datang dari rasa tidak percaya diri, tidak suka menjadi pusat perhatian, dan lainnya. Dalam hal ini, pewara dari kegiatan Pionir Pascal, Azmi dan Bella membagikan tips untuk percaya diri dalam melakukan wicara publik.

“Ketika teman-teman mau ngomong di depan banyak orang, teman-teman harus percaya dan yakin bahwa diri teman-teman itu bisa dan mampu untuk berbicara di depan banyak orang,” papar Bella.

Di sisi lain, Azmi juga memberikan tips dalam berbicara di depan publik. Dirinya menceritakan bahwa awalnya juga merasa tidak percaya diri. Namun, dirinya terus berusaha mencari peluang di berbagai acara untuk mengambil kesempatan menjadi seorang pewara. Azmi juga turut mengikuti perlombaan dan kegiatan yang dapat mengasah kompetensinya dalam wicara publik seperti lomba pidato.

“Nah, dari kegiatan-kegiatan tadi yang aku ikutin, aku bisa membangun kepercayaan diri hingga berani tampil sebagai MC,” papar Azmi.

Selain itu, Bella juga turut menceritakan perihal latar belakang kenapa dirinya bisa tertarik di dunia wicara publik.

“Karena aku suka bersosialisasi jadi tertarik dan masuk lebih dalam ke dunia wicara publik. Di acara dan organisasi, aku sering dijadikan MC (master of ceremony),” papar Bella.

Tips berbicara di depan publik yang dibagikan menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui akses terhadap pendidikan bagi mahasiswa dalam meningkatkan keterampilan komunikasi khususnya berbicara di depan umum. Saksikan tautan Tips Meningkatkan Percaya Diri oleh MC Pascal 2024 melalui https://www.instagram.com/p/C-cS_k_SEsl/

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Foto: Panitia Pionir Pascal FMIPA UGM 2024

Other News

Categories

Translate