Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Dukung Perencanaan Studi, Himatika UGM Gelar Seminar Laboratorium Matematika

Sebagai mahasiswa S-1 Matematika UGM, penting untuk mengetahui berbagai laboratorium yang tersedia di program studi ini. Pengetahuan ini tidak hanya mendukung kegiatan perkuliahan, tetapi juga dapat membantu mahasiswa dalam merencanakan langkah akademik ke depannya, termasuk dalam menentukan bidang tugas akhir. Oleh karena itu, Departemen Penalaran dan Pendidikan (Radian) Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) UGM menyelenggarakan Seminar Laboratorium pada Sabtu, 24 Agustus 2024, bertempat Auditorium Lantai 7 FMIPA UGM.

Kegiatan ini ditujukan bagi mahasiswa baru S-1 Matematika UGM yang masih awam dengan laboratorium-laboratorium yang ada. Harapannya, setelah mengikuti Seminar Laboratorium, mereka dapat lebih memfokuskan diri di dunia perkuliahan dan memiliki gambaran awal terkait perencanaan studi ke depannya.

Acara Seminar Laboratorium diawali dengan pemaparan oleh Uha Isnaini, S.Si., M.Sc., Ph.D selaku perwakilan dosen Laboratorium Aljabar. Beliau memaparkan hal-hal mengenai Laboratorium Aljabar meliputi tujuan, dosen-dosen yang terlibat, penerapan Aljabar dalam menyelesaikan masalah nyata, serta gambaran penelitian yang dilakukan. Pemaparan dilanjutkan oleh Atok Zulijanto, M.Si., Ph.D. selaku Kepala Laboratorium Analisis. Beliau menjelaskan mengenai pengertian analisis, tugas Laboratorium Analisis, mata kuliah yang ditawarkan, dan dosen-dosen di Laboratorium Analisis. Setelah pemaparan 2 laboratorium tersebut, para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai laboratorium yang sudah dijelaskan.

Acara berlanjut dengan pemaparan oleh Imam Solekhudin, M.Si., Ph.D. selaku Kepala Laboratorium Komputasi Matematika yang menjelaskan mengenai Komputasi Matematika, mata kuliah dan praktikum yang disediakan, lokasi laboratorium, dan dosen-dosen dari Laboratorium Komputasi Matematika serta publikasinya. Kemudian, pemaparan dilanjutkan oleh Dr. Lina Aryati, M.S. selaku Kepala Laboratorium Matematika Terapan yang menjelaskan tujuan laboratorium, dosen-dosen yang terlibat, serta bidang kajian teoritis dan tematik dari Laboratorium Matematika Terapan.

Pemaparan mengenai Laboratorium Komputasi Matematika dan Matematika Terapan ditutup dengan sesi tanya jawab yang disambut dengan antusias oleh para peserta. Selanjutnya, acara Seminar Laboratorium ditutup dengan sesi kuis yang menguji pengetahuan para peserta mengenai mata kuliah di masing-masing laboratorium. Para peserta terlihat kompetitif dalam menjalani sesi kuis ini.

Seminar Laboratorium yang diselenggarakan oleh Departemen Radian Himatika UGM menunjukkan implementasi SDGs poin 4, yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan mahasiswa dalam perencanaan studi. Dengan memahami laboratorium-laboratorium yang ada di S-1 Matematika UGM, para mahasiswa diharapkan dapat lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia perkuliahan dan dapat menempuh studi dengan maksimal sehingga kelak dapat menjadi lulusan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Penulis: Azzah Nurfatin
Dokumentasi: Panitia MathWise 2024
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate