Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Cerita Gen Z Ala Mahasiswa FMIPA: Gambaran Mahasiswa Masa Kini

Generasi Z menjadi generasi yang kerap ramai diperbincangkan di media termasuk di ranah pendidikan. Dalam hal ini, Anugrah Yuwanda Atmaja atau akrab disapa Nugi, mahasiswa IUP Ilmu Komputer FMIPA UGM turut membagikan pandangan mengenai bagaimana generasi Z hidup di era digital melalui konten yang dapat diakses pada tautan https://www.instagram.com/reel/C_dNlmuyAfG/.

Dalam membuka ceritanya, Nugi memulai aktvitasnya ketika dalam perjalanan ke bandara menuju Malaysia dalam rangka melalukan kegiatan internasional atau international exposure. Sebagai generasi Z, Nugi menekankan bahwa generasi mereka cenderung sibuk dan multitasking dengan beragam pekerjaan atau tugas yang dilakukan dalam satu waktu.

“Kita generasi Z dan jelas kita sibuk. Aku ke bandara jam 4 pagi sambil ngerjain tugas magang remoteku,” papar Nugi.

Kemudian, Nugi melanjutkan ceritanya dengan memaparkan bahwa generasi Z gemar menggunakan ponselnya untuk membagikan momen apa saja yang mereka lalui atau sukai ke media sosial mereka. Hal ini dilakukan agar mereka diakui bahwa kehidupan mereka berjalan baik-baik saja walaupun pada kenyataannya mereka merasa hampa. Namun, menurut Nugi, generasi Z sebenarnya menyukai hal baru dan gemar berinteraksi walaupun kerap mengekspos hal tersebut di media sosial mereka yang merupakan salah satu gaya atau cara mereka hidup di era digital.

Kegiatan internasional yang dilakukan oleh Nugi sebagai mahasiswa FMIPA UGM menjadi cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan di bidang komunikasi dan kepemimpinan sekaligus menjadi implementasi dari pendidikan yang inklusif dengan beragam mahasiswa dari berbagai latar belakang dan budaya.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Dokumentasi: Anugrah Yuwanda Atmaja

Other News

Categories

Translate