Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Memantik Semangat Berkarya Mahasiswa UGM Melalui Seminar Edukatif

Pada Sabtu, 24 Agustus 2024, Departemen Penalaran dan Pendidikan (Radian) Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) UGM menyelenggarakan acara Seminar Laboratorium dan Seminar Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang merupakan bagian dari rangkaian acara Mathematics Workshops and Insightful Seminars (MathWise) 2024 di Auditorium Lantai 7 FMIPA UGM. Selain diselenggarakan pada 24 Agustus 2024, MathWise 2024 juga telah diselenggarakan pada tanggal 15 – 20 Juli 2024 dengan acara Pelatihan LaTeX dan Pelatihan Python.

MathWise 2024 pada tanggal 24 Agustus dibuka dengan Seminar Laboratorium. Acara ini bertujuan untuk mengenalkan berbagai laboratorium yang ada di S-1 Matematika UGM. Pembicara dari acara ini merupakan kepala laboratorium atau perwakilan dosen dari masing-masing laboratorium. Seminar Laboratorium juga dilengkapi dengan sesi tanya jawab untuk memperdalam pemahaman serta sesi permainan. Peserta dari acara ini merupakan para mahasiswa baru yang masih awam dengan laboratorium-laboratorium yang ada di S-1 Matematika UGM.

Setelah Seminar Laboratorium, acara dilanjutkan dengan Seminar PKM. Acara ini bertujuan untuk mengenalkan PKM, terutama yang berkaitan dengan Matematika, dan meningkatkan semangat mahasiswa dalam mengikuti PKM. Acara ini diisi dengan penjelasan mengenai PKM dari dosen yang pernah menjadi pembimbing tim PKM, yaitu Uha Isnaini, S.Si., M.Sc., Ph.D., dan mahasiswa yang pernah mengikuti PKM, yaitu Christina Agustin Raphonhita Simbolon. Acara ini juga dilengkapi dengan sesi tanya jawab untuk menambah pemahaman dan sesi diskusi secara berkelompok untuk mencoba memunculkan ide-ide yang relevan dengan kegiatan PKM. Pada akhir acara, ide-ide yang sudah disusun dalam kertas dipresentasikan di hadapan dewan juri oleh para peserta yang merupakan mahasiswa UGM.

MathWise 2024 yang diselenggarakan oleh Himatika UGM menunjukkan implementasi SDGs poin 4, yaitu Pendidikan Berkualitas, karena memberikan pemahaman yang berkaitan dengan hal-hal akademik. Seminar Laboratorium memberikan kesempatan kepada para mahasiswa baru untuk lebih memahami seluk-beluk dari program studi yang diambil, yaitu laboratorium-laboratorium yang tersedia, sehingga dapat memberikan gambaran mengenai perkuliahan yang akan dijalani bahkan juga dapat memberikan gambaran mengenai tugas akhir. Selanjutnya, Seminar PKM juga memberikan kesempatan kepada para mahasiswa UGM untuk lebih memahami PKM, terutama yang berkaitan dengan Matematika, dan juga memberikan kesempatan untuk memunculkan dan mengembangkan ide sehingga harapannya lebih banyak mahasiswa yang berani untuk mencoba mengembangkan ide-ide cemerlang dalam PKM.

Penulis: Azzah Nurfatin
Dokumentasi: Panitia MathWise 2024
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate