Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

FMIPA UGM Gelar Kuliah Perdana Agama Islam: Bangun Pondasi Spiritual di Kampus

FMIPA UGM menyelenggarakan perkuliahan perdana agama Islam pada Jumat, 16 Agustus 2024 di Ruang Auditorium FMIPA UGM. Peserta merupakan mahasiswa baru FMIPA UGM yang mengambil mata kuliah agama Islam. Dalam hal ini, Dekan FMIPA UGM turut memberikan sambutan dan arahan kepada para mahasiswa.

“Perkuliahan Agama Islam bisa menjadi sarana untuk melepas penat dan mampu membantu dalam menyelesaikan permasalahan, termasuk terkait dengan permasalahan akademik,” papar Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana selaku Dekan FMIPA UGM.

Prof. Kuwat turut menyampaikan bahwa perkuliahan Agama Islam menjadi pondasi spiritual dalam menjalani pembalajaran di kampus.

Narasumber pada sesi perkuliahan perdana disampaikan oleh Dr. Dody Hartanto, S.Pd., M.Pd., yang merupakan dosen dari Universitas Ahmad Dahlan dengan materi Ragam Masalah Mahasiswa GELATO dan Alternatif Penanganan. Dr. Dody menyampaikan bahwa hidup merupakan rangkaian masalah, tapi justru masalah ini yang akan membuat maju dan bisa berkembang. Perkuliahan menjadi sarana untuk “bermasalah” untuk bisa berkembang dan menyiapkan masa depan dengan baik.

Selain itu, Dr. Dody juga menyampaikan materi tentang beradaptasi di kampus sebagai mahasiswa baru, pentingnya untuk bisa manajemen waktu dengan baik dan juga bisa menjalin pertemanan dengan bijak untuk bisa membantu dalam penyesuaian diri di kampus. Melalui kutipan sebuah ayat dari Al-Quran, QS Yunus ayat 62, Dr. Dody mengarahkan mahasiswa untuk tidak perlu terlalu khawatir dengan masa depan dan tidak perlu untuk terlalu berlarut dalam kesedihan.

“Kebahagiaan dan kesedihan dalam hidup, pasti akan berlalu. Termasuk dalam kuliah, tidak selamanya kuliah itu akan selalu bahagia maupun selalu penuh dengan cobaan,” jelas Dr. Dody.

Di balik ramainya antusias mahasiswa dalam memperhatikan dan mengikuti sesi kuliah, terdapat cerita menarik di balik penyelenggaraan kelas oleh para panitia yang merupakan mahasiswa tingkat atas. Nizam, mahasiswa Kimia FMIPA UGM turut membagikan cerita dalam membantu menyelenggarakan kelas perdana tersebut.

“Tantangannya karena banyak panitia yang KKN dan bertabrakan dengan kelas. Tidak sampai 20 dari total 40-an panitia dan asisten yang hadir. Kemudian, ⁠cukup sulit mobilisasi peserta karena sangat banyak peserta yang hadir. Harapannya, di kelas mahasiswa bisa semangat dan adaptif. Selain itu, mahasiswa juga makin semangat dalam mengikuti perkuliahan agama Islam selanjutnya,” papar Nizam selaku panitia.

Agenda FMIPA UGM dalam menyelenggarakan Kuliah Perdana Agama Islam merupakan cerminan dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan kompetensi mahasiswa baru dalam pemecahan masalah di dunia kampus melalui materi yang dibawakan. Selain itu, pelibatan mahasiswa tingkat atas sebagai panitia turut meningkatkan keterampilan manajemen acara dalam menyelenggarakan acara.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Reportase: Fabima Fadhlin Minallah Zidta
Dokumentasi: Hero Prakosa Wibowo Priyanto

Other News

Categories

Translate