Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, Mahasiswa FMIPA UGM Tanding Adu Panco Virtual: Bangun Solidaritas Mahasiswa

Momen Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 diperingati dan dirayakan setiap tahunnya oleh warga Indonesia. Mulai dari beragam lomba, karnaval, dan kegiatan lainnya digelar untuk memeriahkan tanggal 17 Agustus. Mahasiswa FMIPA sendiri pun turut memiliki agenda tersendiri selain mengikuti kegiatan upacara. Kegiatan tersebut adalah adu panco yang diselenggarakan secara virtual di media Instagram FMIPA UGM mulai dari tanggal 16 hingga 18 Agustus 2024. Babak penyisihan dilakukan pada 16 Agustus hingga 17 Agustus 2024. Final pengumuman pemenang dilaksanakan pada 18 Agustus 2024.

Teknis kegiatan adu panco virtual adalah dengan menggunakan sistem vote di Instagram. Peserta adalah seluruh mahasiswa FMIPA UGM yang dikerjakan secara tim berdasarkan himpunan program studi mahasiswa. Pada babak penyisihan, terbagi menjadi 4 grup. Grup 1 berisi Kimia melawan Elektronika dan Instrumentasi, grup 2 berisi Geofisika melawan Ilmu Aktuaria, grup 3 berisi Statistika dan Ilmu Komputer, dan grup 4 berisi Fisika dan Matematika.

Hadirnya kegiatan tersebut turut mendorong solidaritas di antara mahasiswa yang tergabung dalam himpunan mahasiswa. Para mahasiswa tersebut bergotong-royong menghimpun suara dan kekuatan untuk mendukung timnya tersebut. Bahkan, kegiatan ini sudah cukup rama di X twitter dengan beragam testimoni kegiatan tersebut.

Buset ada aja gebrakannya,” papar akun @selenagemwz

“Aku kirim di semua grup yang ku punya demi menang,” papar akun @petriiicchorr

Selama sesi penyisihan, pertarungan terlihat kompetitif dari tipisnya angka votes pada masing-masing tim. Masa pertandingan dibuka dengan durasi tertentu hingga mencapai batas waktu durasi penutupan yang telah ditentukan. Setelah penantian dan perjuangan para mahasiswa dalam pertandingan adu panco, pada sesi final diketahui Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer meraih 1.610 votes dan Kimia meraih 1.442 votes.

Dari agenda adu panco yang diselenggarakan secara virtual di media Instagram FMIPA UGM merupakan implementasi dari SDGs nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas melalui peningkatan keterampilan mahasiswa dalam menyusun strategi dan membina solidaritas antar mahasiswa atau pihak lainnya.

Penulis: Febriska Noor Fitriana
Gambar: Tim Media FMIPA UGM

Other News

Categories

Translate