Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Tantangan dan Pembelajaran : Memprediksi Erupsi Gunung melalui Kelas Kuliah Seismologi Geofisika FMIPA UGM

Prof. Francois Beauducel dari IPGP Paris mengisi kelas kuliah  Seismologi Geofisika FMIPA UGM dengan membawakan materi tentang vulkanologi geodesy pada 13 Agustus 2024,. Dalam pembelajaran seismologi tersebut, Prof. Francois memaparkan bahwa kemampuan memprediksi erupsi gunung, terutama erupsi freatik seperti erupsi magmatik, menjadi topik menarik dalam kelas Seismologi baru-baru ini. Bedanya, erupsi magmatik menunjukkan deformasi dengan amplitudo yang lebih besar, sementara erupsi freatik cenderung lebih rendah dan terjadi dekat pusatnya. Namun, prediksi erupsi freatik masih mungkin dilakukan dengan peningkatan jumlah dan penempatan instrumen yang lebih baik. Sebagai contoh, pada Gunung Lasupia, pemasangan instrumen dan jaringan GPS dengan jarak maksimal 100 meter dapat meningkatkan akurasi prediksi.

Mempelajari sejarah erupsi gunung dari masa lalu juga memiliki keterbatasan, tergantung pada instrumen yang digunakan pada waktu itu. Meski begitu, pola erupsi dan sifat gunung bisa dipahami secara kasar dari data historis.

Wanda dan Ita, mahasiswa Geofisika 2022 yang mengikuti kelas tersebut, merasa mendapat wawasan baru dalam seismologi dan kegunungapian. Mereka terkejut dengan minat besar terhadap tema ini, yang mereka kira hanya diminati oleh segelintir orang saja.

Pembelajaran ini mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 13, yaitu mengambil tindakan segera untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya, termasuk mitigasi bencana alam seperti erupsi gunung berapi. Selain itu, ini juga sejalan dengan SDGs nomor 4, yaitu memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas serta mendukung kesempatan belajar sepanjang hayat. Pembelajaran tentang mitigasi bencana melalui ilmu seismologi dan kegunungapian membantu membekali mahasiswa dengan pengetahuan kritis yang dapat diterapkan dalam penanganan bencana di masa depan.

Penulis: Chairunnisa Anggun Setiono
Dokumentasi: Ratih Cintia Sar
Editor: Febriska Noor Fitriana

Other News

Categories

Translate